Sabtu, 08/08/2020 21:31 WIB

Video

Makna dan Kisah Hari Raya Idul Adha

Jakarta, Jurnas.com - Jakarta, Jurnas.com - Perayaan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban pada Jumat (31/7) merupakan salah satu hari besar bagi umat muslim di Dunia. Idul Adha di peringati setiap tanggal 10 Dzulhiljjah hingga 13 Dzulhiljjah.

Kisah Nabi Ibrahim yang menjadi dasar dari pelaksanan kurban ketika Nabi Ibrahim diutus Allah SWT untuk menyembelih Putranya Ismail. Namun sesat sebelum Nabi Ibrahim menyembelih putranya, Allah langsung menukarnya dengan seekor domba. Kisah Nabi Ibrahim inilah yang menjadi dasar dari pelaksanan kurban.

Lewat perintah itu Allah ingin menguji ketaatan Ibrahim kepada-Nya. Kisah ini tertulis dalam Alquran surat Ash-Shaffat ayat 103-107.

Kurban mempunyai makna pengorbanan dan keikhlasan pada sesuatu yang dicintai, seperti membagi harta yang dimilik untuk membeli hewan qurban, lalu menyembelihnya. Setelah itu daging qurban pun akan dibagi menjadi 3 bagian, yakni tetangga, saudara, dan orang orang yang membutuhkan.

Berkurban pada Hari Raya Idul Adha juga dapat menyucikan hati, mengasihi sesama dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

TAGS : Jurnas Video Hari Raya Idul Adha Hari Raya Qurban




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :