Minggu, 09/08/2020 03:35 WIB

Terima Bupati Morowali Utara, Gus Menteri Bahas Warga Transmigrasi

Gus Menteri mengatakan, pembangunan jaringan irigasi itu bakal menjadi perhatian karena hal itu berkaitan dengan produktifitas pertanian

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Bupati Morowali Utara Moh Asrar Abd Samad (Humas Kemendes)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menerima Bupati Morowali Utara Moh Asrar Abd Samad di ruang kerjanya, Senin (27/7/2020).

Bupati Asrar dalam pertemuan itu melaporkan perkembangan pembangunan di wilayah yang dipimpinnya sejak 6 Juli 2020 itu. Bupati menyampaikan persoalan perlunya pembangunan jaringan irigasi untuk meningkatkan produksi pertanian, utamanya yang berada di daerah transmigrasi.

Bupati Asrar juga menyampaikan jika ada sebuah daerah Transnigrasi di Kecamatan Mammosalato di Kabupaten Morowali Utara yang selama 37 tahun tidak pernah disapa oleh pejabat pemerintah dari pusat.

"Untuk mencapai wilayah itu bisa menggunakan speedboat selama 1,5 jam atau menggunakan jalan darat dari Ibukota Kabupaten Banggai, Luwuk selama dua jam," kata Asrar.

Menanggapi laporan Bupati Asrar, Menteri Halim mengatakan, pihaknya selalu memperhatikan wilayah transmigrasi yang memang menjadi salah satu tugas Kementerian yang dipimpinnya.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, mengatakan, pembangunan jaringan irigasi itu bakal menjadi perhatian karena hal itu berkaitan dengan produktifitas pertanian yang berkaitan dengan kesejahteraan warga transmigrasi.

Sedianya pembangunan jaringan irigasi ini dijadwalkan tahun 2020, namun karena adanya refocusing anggaran menghadapi pandemi virus Corona (Covid-19), maka akan direncanakan lagi karena memang itu dinilai mendesak, mengingat panjang jaringan yang harus dibangun sekitar 13 kilometer.

"Ini berkaitan dengan produksi pertanian jadi sebaiknya harus segera ditindaklanjuti," kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Soal undangan untuk menyambangi daerah transmigrasi yang dihuni sekitar 9.000 kepala keluarga itu, Gus Menteri mengatakan akan melihat jadwal dan perkembangan pandemi Covid-19 ini.

"Kita melihat dulu perkembangan Covid-19. Jika memungkinkan pada Bulan Desember 2020 pada peringatan Hari Transmigrasi," tandas Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

TAGS : Kinerja Menteri Desa Morowali Utara transmigrasi Irigasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :