Jum'at, 04/12/2020 15:39 WIB

Bupati Manokwari Bagikan Benih Padi Unggul kepada Petani dan Penyuluh

Polbangtan Manokwari siap mendukung peningkatan mutu sumber daya manusia pertanian untuk memperkuat perekonomian di tengah pandemi.

Proses penyerahan bibit unggul padi. (Foto: Ist)

Manokwari, Jurnas.com - Panca Plh Bupati Manokwari, Edi Budoyo menyerahkan benih padi unggul kepada para petani dan penyuluh Prafi, Manokwari, Papua Barat pada Sabtu (18/7).

Penyerahan benih padi unggul tersebut sejalan dengan komitmen Menteri Pertanian (Kementan) Syahrul Yasin Limpo untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Benih tersebut dibagikan untuk penanaman 147 hektare dengan potensi lahan padi sawah 158 hektare. Penyerahan bibit dilakukan secara simbolis  kepada Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Setia Bersama Manokwari.

Menurut Edi Budoyo, penyediaan benih yang berkualitas dan ungguh sudah terbukti mampu meningkatkan dan mengintensifkan sektor pertanian, khusunya padi pada Juni lalu.

Kesuksesan petani khususnya di Manokwari, Papua Barat berkat dukungan penyuluh yang tidak hanya mahir di lahan, namun juga mampu menjalin relasi dengan stakeholder. Buah dari kerjasama yang telah terjalin, para petani mendapatkan bantuan benih padi unggul sejumlah 3.675 kg.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Purwanta menyebutkan, Polbangtan Manokwari siap mendukung peningkatan mutu sumber daya manusia pertanian untuk memperkuat perekonomian di tengah pandemi.

"Civitas akademika Polbangtan Manokwari akan terus mengawal kegiatan pertanian yang ada di Manokwari, terlebih disaat pandemi COVID-19," ujar Purwanta.

Ia menambahkan, mahasiswa yang melakukan Learning form Home mendapat tugas untuk melakukan pendampingan kepada para petani dan berkolaborasi dengan penyuluh demi terjalinnya regenerasi petani dan terciptanya ketahanan pangan.

Di tempat terspisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembagan Sumber Dayan Manusia BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa keberhasilan petani, terlihat dari penyuluhnya.

"Penyuluhkan keartif, inovatif maka petaninya sukses," ujar Dedi.

Sekadar diketahui, Kegiatan dilanjutkan dengan penanaman perdana padi sawah bantuan Pemerintah kabupaten Manokwari Tahun Anggaran 2020 yang bertempat di Sawah Bapak Mispan Kelompok Tani Tani Makmur, Kampung Udapi Hilir, Prafi, Manokwari, Papua Barat.

TAGS : Polbangtan Manokwari Penyuluh Pertanian Dedi Nursyamsi Edi Budoyo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :