Kamis, 06/08/2020 05:34 WIB

FIFA Rilis Jadwal Piala Dunia Qatar 2022

Qatar memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia FIFA 2022 pada 2 Desember 2010.

Piala Dunia

Jakarta, Jurnas.com - Badan sepak bola dunia yang mengatur, FIFA, pada Rabu menyetujui jadwal pertandingan untuk Piala Dunia 2022, yang akan berlansung di Qatar.

"Stadion Al Bayt, arena berkapasitas 60.000, akan menjadi panggung bagi tuan rumah Qatar untuk memulai turnamen pada Senin, 21 November 2022, " bunyi pernyataan dari FIFA dilansir Tass, Kamis (16/07).

"Final dipastikan akan berlangsung di Stadion Lusail berkapasitas 80.000 kursi pada pukul 18:00 tanggal 18 Desember. Empat pertandingan sehari sepanjang babak penyisihan grup memastikan waktu istirahat optimal untuk tim," tambahnya.

Sementara itu, stadion Internasional Khalifa akan menjadi tempat pertandingan play-off untuk tempat ketiga pada 17 Desember. Sedangkan babak final Final akan dimulai satu hari kemudian pada pukul 18:00 di Lusail Stadium di depan 80.000 penonton.

"Dengan tujuan memberikan istirahat optimal bagi semua tim di antara pertandingan mereka, babak penyisihan grup akan berlangsung selama 12 hari dan, dengan empat pertandingan per hari, itu menjanjikan jadwal penuh dan menyenangkan bagi para penggemar," tambah FIFA.

Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 antara 21 November dan 18 Desember di delapan stadion di tujuh kota di seluruh negeri, yaitu di Doha, Lusail, Al Wakrah, Al Khor, Al Rayyan, Umm Salal dan Madinat ash Shamal.

Qatar memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia FIFA 2022 pada 2 Desember 2010.

Pada bulan Maret 2015, FIFA secara resmi mengumumkan bahwa edisi ke-22 dari acara unggulan FIFA akan dimainkan pada bulan November dan Desember 2022, dengan pertandingan final ditetapkan untuk tanggal 18 Desember 2022 - Hari Nasional Qatar - dan dengan tujuan, pada prinsipnya, mengadakan acara turnamen selama 28 hari.

"Gambar ikon dari juara Piala Dunia FIFA Prancis mengangkat trofi di Stadion Luzhniki [di ibukota Rusia Moskow] masih segar dalam ingatan setiap penggemar sepak bola," kata badan sepak bola dunia yang memerintah dalam pernyataannya.

"Tepat dua tahun setelah peristiwa bersejarah itu pada 15 Juli 2018, pembukaan jadwal pertandingan untuk edisi berikutnya mengundang dunia sepakbola untuk memimpikan awal yang baru - yang, sekarang, memiliki waktu dan tempat yang tepat untuk memulai," pernyataan ditambahkan.

Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pertama kalinya pada tahun 2018, yang dimulai di Moskow dengan pertunjukan pembukaan yang luar biasa di Stadion Luzhniki pada malam 14 Juni 2018 dan berakhir dengan pertandingan final yang spektakuler, dimainkan juga di Stadion Luzhniki, tempat Prancis dengan percaya diri mengalahkan Kroasia 4-2 untuk memenangkan Trofi Piala Dunia yang banyak didambakan.

Kejuaraan ini diselenggarakan di 12 stadion di 11 kota di seluruh Rusia, yaitu di kota-kota Moskow, St. Petersburg, Sochi, Kazan, Saransk, Kaliningrad, Volgograd, Rostov-on-Don, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, dan Samara.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan setelah kejuaraan dunia bahwa Rusia telah menggelar "Piala Dunia terbaik yang pernah ada." Pada akhir Desember 2018, FIFA mengumumkan dalam pernyataannya bahwa Piala Dunia di Rusia menetapkan rekor baru sejauh pemirsa pergi dalam sejarah kejuaraan sepak bola dunia sejak lebih dari setengah populasi dunia menonton pertandingan di TV di rumah, di luar rumah atau pada platform digital.

TAGS : Lembaga FIFA Piala Dunia Qatar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :