Selasa, 04/08/2020 15:46 WIB

Penyuluh dan Petani Kabupaten Bungo Bahu Membahu Jaga Ketersediaan Pangan

Banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. Ada lahan kering, lahan rawa bahkan lahan pekarangan. 

Penyuluh dan petani Kabupaten Bungo bahu-membahu jaga ketersediaan pangan. (Foto: Ist)

Jambi, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) memotivasi seluruh insan pertanian dalam mengelola lahan dan percepatan tanam.

“Persiapan pangan adalah solusi saat pandemi covid 19, oleh karena itu kita harus bekerja lebih keras, lebih terpadu dan lebih gotong royong agar makanan rakyat bisa terjamin. Karenanya, ayo seluruh insan pertanian kita hadapi tantangan – tantangan tersebut dengan langkah strategis yaitu penanaman lebih cepat,” ujar SYL.

Senanda dengan hal tersebut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi. Ia berharap petani melakukan percepatan tanam. “Petani, penyuluh dan insan pertanian harus tanam, tanam, tanam.

"Banyak lahan yang bisa dimanfaatkan. Ada lahan kering, lahan rawa bahkan lahan pekarangan. Intinya kita tidak boleh berhenti menanam. Karena kebutuhan pangan masyarakat Indonesia harus terus dipenuhi dalam kondisi seperti ini,” papar Dedi.

Setelah musim panen usai pada bulan Mei dan Juni lalu, saatnya sekarang Kelompok Tani (Poktan) Sawah Jadi yang berada di Dusun Sungai Arang Kecamatan Bungo Dani, Kabupaten Bungo Provinsi Jambi bahu membahu dengan penyuluh mengolah lahan.

Mereka melakukan pengolahan lahan komoditas padi sawah tadah hujan dengan potensi luas 25 hektar. Sedangkan pengolahan lahan yang telah dilaksanakan seluas 15 hektar dan siap pindah tanam pada akhir Juli 2020.

Di bawah Komando Ketua Poktan, M. Alim para petani melakukan pengolahan lahan pasca panen padi sawah dengan tulus dan penuh semangat.

Petani dan penyuluh di Kecamatan Bungo Dani imelakukan pengolahan lahan dan percepatan tanam untuk menjaga ketersediaan pangan di masa pandemi ini. Langkah ini juga sebagai antisipasi musim kemarau yang diprediksi akan terjadi dalam beberapa bulan kedepan.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Bungo Dani, Neneng Hawaliyah menyampaikan,”Kami para penyuluh mengajak petani dalam melaksanakan pengolahan lahan secepatnya karena mengingat akan masuknya musim kekeringan kedepan,” ujar Neneng.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bungo, Muhammad Hasbi menyampaikan kegiatan pertanian ini terlaksana berkat bantuan dari Pemerintah Daerah. “Memasuki masa pandemi ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Bungo memberikan bantuan berupa benih padi, terpal jemur, dan bantuan BBM untuk meringankan beban petani saat melaksanakan

TAGS : Penyuluh Pertanian Ketahanan Pangan Keluarga Dedi Nursyamsi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :