Rabu, 12/08/2020 16:03 WIB

Jumlah Gamer Perempuan Meningkat Drastis di Asia

Sebuah penelitian yang dilaporkan google menemukan bahwa jumlah perempuan yang bermain video game di Asia tumbuh lebih cepat daripada laki-laki.

Gamer profesional Reia Ayunan ikut serta dalam permainan peran-peran multipemain seperti Battle Royale

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah penelitian yang dilaporkan google menemukan bahwa jumlah perempuan yang bermain video game di Asia tumbuh lebih cepat daripada laki-laki.

Negara China, India dan Jepang menyumbang gamer perempuan terbanyak di Asia mengalahkan negara-negara lainnya. Bahkan dalam data tersebut, komunitas video game wanita tumbuh 19% tahun lalu.

Asia dianggap sebagai ibukota global video game, yang menyumbang 48% dari total pendapatan game dunia.

"Di antara jutaan gamer perempuan yang bergabung dengan peringkat setiap tahun, perempuan telah menjadi katalisator besar untuk pertumbuhan," kata Rohini Bhushan, di Google Asia Pacific.

Ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap kenaikan ini, dengan alur cerita menjadi lebih inklusif dan konektivitas meningkat di seluruh wilayah.

Untuk 2019, jumlah gamer perempuan telah tumbuh menjadi 38% dari populasi game global 1,33 miliar, menurut Google yang bekerja sama dengan peneliti pasar Niko Partners.

Tapi untuk Asia, proporsi gamer wanita jauh lebih tinggi. Di China, mereka sekarang mencapai 45%, sedangkan untuk Korea Selatan, Jepang dan Asia Tenggara angkanya adalah 40%.

Wilayah ini telah mengalami pertumbuhan yang kuat di kalangan gamer yang menggunakan ponsel.

"Semakin banyak gamer perempuan tertarik pada kesenangan, fleksibilitas, dan kebebasan yang diberikan game mobile. Ini khususnya terjadi di Asia, di mana ponsel adalah perangkat yang memungkinkan internet untuk banyak orang," kata Matt Brocklehurst, kepala aplikasi, kemitraan dan pemasaran platform, Google Asia Pasifik.

Permainan telah menjadi sangat menguntungkan, tidak hanya untuk perusahaan seperti EA dan Activision Blizzard yang membuat permainan, tetapi juga untuk pemain terbaik dalam e-sports - permainan online yang kompetitif.

Pemain e-sport wanita papan atas telah menghasilkan lebih dari $ 20 juta (£ 16 juta) melalui kombinasi sponsor, hadiah uang, dan dukungan.

Di Asia, seluruh tim dan liga yang terdiri dari gamer perempuan sekarang membuat dampak di panggung dunia, termasuk Liga Esports Wanita, yang menyelenggarakan acara untuk tim di seluruh Asia Tenggara.

TAGS : Gamer Perempuan Wilayah Asia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :