Sabtu, 20/04/2024 10:25 WIB

Hadiri Andrawina Budaya, Gus Menteri Masa Depan Indonesia Tergantung Pada Desa

Saya begitu mengapesiasi Kongres Kebudayaan Desa ini.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar usai menghadiri Andrawina Budaya yang digelar Desa Panggungharjo

Yogyakarta, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri Andrawina Budaya yang digelar Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul. Ini masih jadi rangkaian Kongres Kebudayaan Desa (KKD) 2020.

Menteri Halim mengapresiasi sukses dan berjalan lancarnya rangkaian Kongres Kebudayaan Desa 2020, yang begitu menginspirasi.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, mengaku bangga dengan kegigihan Desa Panggungharjo yang menjadi tumpuan acuan seluruh desa-desa di Indonesia.

"Saya begitu mengapesiasi Kongres Kebudayaan Desa ini. Dan, ternyata pesertanya luar biasa jauh lebih banyak dari kongres lain pada umumnya. Baik narasumbernya yang jumlahnya 100, dan hebatnya seluruh pembicara dalam acara ini begitu kompeten," kata Gus Menteri.

Gus Menteri juga ucapkan selamat atas terlaksananya dengan sukses webinar serta rangkaian acara, yang menjadi pembuka event Kongres Kebudayaan Desa 2020.

Seluruh pihak yang bergabung dalam Kongres Kebudayaan Desa ini miliki kompetensi penting dalam pembangunan desa baik sekarang hingga masa-masa mendatang.

"Karena sebuah kesadaran itu tidak bisa dipungkiri, kalau selama ini kita bicara tentang teori, konsep, harapan, bahwa masa depan Indonesia bergantung pada desa, hari ini dibuktikan oleh Kongres Kebudayaan Desa yang luar biasa. Bahwa betul, bukan hanya konsep, tapi pelaksanaannya, dan yang paling menarik adalah kemudian mencoba membongkar serta membangun kembali tatanan Indonesia baru dan pada tingkat yang terkecil adalah menyusun pembangunan desa untuk situasi yang lebih kongkrit saat ini," imbuhnya.

Mantan Ketua DPRD Jawa Timur juga berterimakasih dan bangga menyebut Desa Panggungharjo beserta ide-ide cemerlang di dalamnya dapat menjadi tumpuan desa lain di Indonesia.

Yang menarik, Gus Menteri dengan jenaka berpura-pura bisa menyanyi sambil main gitar.

Gus Menteri awalnya didaulat untuk menyumbangkan lagu. Ia pun duduk sambil bermain gitar. Ia pun mulai beraksi sambil mulai memetik gitar.

"Inilah saya yang tidak menyanyi," kata Gus Menteri yang disambut gelak tawa warga yang hadir.

Turut hadir Sekjen Kemendes PDTT Abdul Halim Iskandar, Staf Khusus Mendes PDTT Ahmad Iman, Pejabat Eselon I di Kemendes PDTT.

Juga hadir Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, serta Wahyudi Anggoro selaku Lurah Desa Panggungharjo.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Gus Menteri Kongres Kebudayaan Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :