Sabtu, 20/04/2024 15:34 WIB

Penyuluh dan Petani Kabupaten Sarolangun Kerja Bersama Jaga Ketahanan Pangan

Percepatan tanam ini gunanya untuk mengamankan produksi dan menjaga stabilitas pangan serta mengantisipasi musim kering yang akan mencapai puncaknya pada Agustus 2020.

Petani melakukan tanam padi. (Foto: BPPSMP)

Jakarta, Jurnas.com - Salah satu strategi Kementerian Pertanian dalam menjamin ketersediaan dan ketahanan pangan adalah dengan Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Tanam (GPOT), selama bulan Juni sampai September 2020 ini.

Percepatan tanam ini gunanya untuk mengamankan produksi dan menjaga stabilitas pangan serta mengantisipasi musim kering yang akan mencapai puncaknya pada Agustus 2020.

Kegiatan tanam padi salah satunya dilaksanakan oleh Kelompok Tani Pemancar di Kelurahan Sukasari, Kecamatan Sarolangun Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Dari luas lahan sebesar 3 hektar, semuanya sudah ditanami komoditas padi sawah dengan varietas Sertani.

Untuk perlakuannya, kelompok tani Pemancar menggunakan pupuk hayati trichokompos. Ikut hadir dalam kegiatan tanam tersebut Penyuluh Wilayah Binaan Sukasari, Koordinator BPP Sarolangun, Mubari.

“Saat ini kami tetap menjaga semangat dari petani untuk selalu lakukan percepatan tanam padi di lahan demi tercapainya ketahanan pangan. Kami harapkan kegiatan panen akan senantiasa berlangsung terkhusus di Kecamatan Sarolangun,” kata Mubari beberapa waktu yang lalu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sarolangun, H. Sakwan ikut memberikan pendapatnya mengenai kerjasama antara petani dan penyuluh ini.

"Dengan pendampingan dari penyuluh pertanian lapangan ini di harapkan dapat menumbuh kembangkan usaha tani secara optimal sehingga terciptanya pembangunan pertanian yaitu petani yang sejahtera dan masyarakat yang lebih baik," ujar Sakwan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan meminta penyuluh, petani dan seluruh insan pertanian turun ke lapangan.

"Seluruh insan pertanian harus turun ke lapangan, tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat indonesia. serta tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan tentang ketahanan pangan.

"Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas adalah melakukan percepatan tanam, genjot luas tambah tanam. Jika mempercepat tanam itu berarti akan mempercepat produksi dan itu berarti ketersediaan pangan akan lebih cepat serta ketahanan pangan akan terjamin. Mari bersama bersinergi untuk saling support mengupayakan percepatan tanam,” tegas Dedi.

KEYWORD :

Penyuluh Sarolangun Petani Sarolangun Ketahanan Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :