Jum'at, 19/04/2024 15:21 WIB

Mendes PDTT Mendapat Gelar Dr. HC, Gus Jazil : Terus Berjuang Berdayakan Masyarakat Desa

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Halim Iskandar menyampaikan orasi ilmiah berjudul

Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid

Jakarta, Jurnas.com - Sabtu, 11 Juli 2020, merupakan hari yang membahagiakan bagi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Menteri Desa dan PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Pasalnya pada hari, bulan, dan tahun, itu di Kampus Universitas Negeri Yogjakarta (UNY), Kota Yogjakarta, Yogjakarta, dirinya secara resmi memperoleh anugerah gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (Dr. (HC)). Politisi PKB itu mendapat gelar Dr. (HC) dalam bidang pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Halim Iskandar menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Kebijakan Strategis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Desa.”

Hadir dalam pemberkatan anugerah Dr. HC di Kampus UNY pagi itu Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda, Ketua Komisi VI Faisol Reza, serta para ketua DPW PKB se-Indonesia.

Sebab Abdul Halim Iskandar merupakan anggota aktif NU, tak heran bila dalam acara itu juga hadir ulama dan tokoh NU dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogjakarta. Di antara tokoh NU yang ada dalam acara itu adalah Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Gus Muwafiq, dan KH Abdussalam.

Abdul Halim berhak mendapat gelar Dr. HC setelah Tim Promotor mempelajari semua dokumen atas portofolio sejak 1987. Disebut, pria yang akrab disebut Gus Halim itu telah berkarir sebagai guru, dosen, anggota DPRD, wakil ketua DPRD, ketua DPRD Jawa Timur hingga puncaknya menjadi Menteri Desa dan PDTT yang telah berhasil dalam ikut dan berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat.

"Saya selaku Wakil Ketua MPR serta sebagai sahabat, menyampaikan rasa bangga dan selamat kepada Gus Halim yang mendapatkan Dr. HC dari UNY,” ujar Jazilul Fawaid. Jazilul Fawaid berharap agar Abdul Halim Iskandar terus berjuang memberdayakan masyarakat desa.

Diungkapkan oleh Jazilul Fawaid yang akrab disapa Gus Jazil, Gus Halim adalah sosok yang benar-benar mengerti persoalan desa karena memang lahir di desa, orang desa, dan mencintai masyarakat desa hingga menjadi menteri yang membidangi desa dan daerah tertinggal. "Semua serba desa,” tutur Gus Jazil dengan tersenyum.

Jazilul Fawaid berharap gelar Dr. HC yang diterima, semakin mendorong Abdul Halim Iskandar semakin giat dan kreatif dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa. "Dari berbagai karya ilmiah yang telah disusun, saya yakin Gus Halim akan sukses dan berprestasi dalam memimpin Kemendes dan PDTT. “Bila masyarakat desa maju maka Indonesia akan maju. Membangun Indonesia dari desa,” ujarnya.

KEYWORD :

Kinerja MPR Jazilul Fawaid Abdul Halim Iskandar Penghargaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :