Senin, 13/07/2020 00:25 WIB

Manfaat Air Rebusan Daun Kelor dan Daun Bandotan untuk Kesehatan

WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia menggalakan untuk penanaman pohon kelor di daerah Afrika.

Manfaat rebusan daun kelor

Jakarta, Jurnas.com - Manfaat air rebusan daun kelor untuk kesehatan sudah banyak yang mengetahuinya. Walau demikian, kupas tuntas manfaatnya tetap menarik untuk disimak.

Meski daun ini sering dianggap sebagai daun mistis, namun sejatinya memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh agar bisa terjaga kesehatannya.

Dimana setiap daunnya memiliki banyak sekali manfaat dengan sejuta kebaikan untuk kesehatan. Pasalnya, di dalam daun ini tersimpan kandungan nutrisi yang baik untuk fungsi tubuh.

Manfaat Rebusan Daun Kelor Untuk Kesehatan

Perlu untuk anda ketahui, daun kelor ini memiliki khasiat yang tidak bisa disangkal lagi. Pasalnya, memiliki banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan.

Seperti mengandung vitamin A, C, B1, B2, B3, serta kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sudah dipastikan jika kandungan vitamin A di dalamnya bisa mencapai 4 kali lipat daripada wortel.

Terlebih lagi, kandungan vitamin C bisa 7 kali lipat dengan jeruk. Bahkan kandungan potasium dari daun kelor ini bisa mencapai 3 kali dari pisang.

Mengingat banyak manfaat air rebusan daun kelor, maka WHO yang merupakan Organisasi Kesehatan Dunia menggalakan untuk penanaman pohon kelor di daerah Afrika.

Hal ini dilakukan mengingat Afrika banyak sekali keluarga miskin yang memiliki kondisi kesehatan yang buruk. Untuk itu, dengan memiliki banyak pohon kelor, bisa memperbaiki kesehatan masyarakat disana. Terlebih bisa menyembuhkan tidak kurang dari 300 penyakit.

Daun kelor bisa menambah energi serta daya tahan tubuh. Bahkan bisa untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi.  Memiliki daun yang kecil dengan warna hijau ampuh mengatasi deretan penyakit. Misalnya untuk mengatasi penyakit anemia, kekurangan zat besi, dan penyakit beri beri akibat kekurangan vitamin B1.

Nah, untuk manfaat air rebusan daun kelor yang bisa diperoleh seperti bisa mengobati penyakit kanker. Hal ini  karena pada daun mengandung niazimicin yang merupakan senyawa yang bisa mengurangi perkembangan dari sel kanker.

Selain itu, kandungan betasitosterol bisa membuat pertumbuhan sel kanker prostat yang berada pada bagian usus besar ditekan dengan baik.

Bisa juga untuk menyehatkan kesehatan mata. Ini bisa terjadi karena mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa mencegah pelebaran pembuluh retina.

Daun kelor ampuh untuk menurunkan kadar gula darah. Selain air rebusannya, daunnya bisa dimasak untuk dikonsumsi agar bisa maksimal dalam mengontrol gula darah.

Manfaat air rebusan daun kelor lainnya yaitu untuk menurunkan kolesterol, sebagai nutrisi yang baik untuk ibu menyusui, anti penuaan dini, serta untuk menyehatkan kesehatan pencernaan.

Mengenal Daun Bandotan

Selain daun kelor yang baik untuk kesehatan, maka ketahui juga manfaat daun bandotan yang ternyata tidak kalah berkhasiat dengan daun kelor.

Pasti banyak yang mengira jika tanaman ini hanya dianggap sebagai gulma saja. Namun ada manfaat yang bisa diambil dari daun ini.
Selain bandotan, tanaman yang berasal dari Brazil ini sering dikenal dengan babadotan, wedusan, atau rumput balam.

Nama wedusan ini diambil karena bau dari tanaman ini seperti bau kambing. Manfaat daun bandotan ini telah lama dikenal oleh sebagian masyarakat untuk pengobatan tradisional.

Seperti dilansir https://www.harapanrakyat.com/, aroma yang menyengat berasal dari kandungan kimia serta zat aktif di dalamnya. Misalnya kumarin, minyak esensial, dan alkaloid. Di beberapa negara, tanaman digunakan untuk obat hama.

Untuk menggunakan daun ini sebagai obat herbal layaknya manfaat air rebusan daun kelor diatas, perlu hati-hati. Pasalnya, selain manfaat yang baik, ada juga racun yang terkandung di dalamnya.

Karenanya disarankan untuk memakai daun ini dalam mengatasi luka luar saja. Nama lain dari tanaman ini adalah Ageratum Conyzoides yang termasuk ke dalam tanaman liar.

Manfaat Daun Bandotan

Bukan hanya sebagai gulma, namun ada kebaikan yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Seperti mengatasi asam urat, penyakit mata, mengatasi kista, mencegah diabetes, mengobati maag, dan radang telinga.

Namun sangat disarankan untuk menggunakan daun ini untuk mengobati luka bagian luar saja, mengingat ada unsur racun di dalamnya.
Selain manfaat air rebusan daun kelor, bisa juga mengambil manfaat dari daun bandotan untuk mengatasi pendarahan rahim dan tumor rahim.


TAGS : Kesehatan Daun Kelor Daun Bandotan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :