Kamis, 25/04/2024 22:54 WIB

Klopp: Guardiola Masih Jadi Pelatih Terbaik Dunia

Jurgen Klopp berpikir bahwa Pep Guardiola tetap menjadi pelatih terkemuka dunia.

Jurgen Klopp bersama Pep Guardiola

Jakarta, Jurnas.com - Liverpool mungkin telah berhasil mengalahkan Manchester City sebagai juara Liga Premier minggu ini, namun Jurgen Klopp berpikir bahwa Pep Guardiola tetap menjadi pelatih terkemuka dunia.

"Saya tidak bisa melakukan apa pun dengan gelar `pelatih terbaik di dunia. Tetapi saya tahu bahwa bersama dengan seluruh tim pelatih, kami adalah pelatih yang sangat baik. Tetapi saya pikir Pep Guardiola adalah masih pelatih terbaik di dunia," ujar Klopp dikutip Soccerway, Minggu (28/06).

Kekalahan 2-1 City dari Chelsea pada hari Jumat (26/06) membuat The Reds yang mengakhiri kampanye 2019-20 di puncak klasemen - pertama kalinya memenangkan liga utama sepakbola Inggris dalam penantian 30 tahun.

Sementara itu, Guardiola telah memenangkan gelar dengan masing-masing 100 dan 98 poin dalam dua musim sebelumnya, tetapi kali ini mereka menemukan diri mereka 23 di belakang Klopp dan telah kehilangan delapan pertandingan - sebanyak Arsenal yang berada di posisi kesembilan - di Liga Premier.

Prestasi Klopp semakin bertambah ketika ia menambahkan trofi Liga Premier ke Liga Champions yang dimenangkan Liverpool musim lalu, dengan mantan pelatih Barcelona Guardiola sejauh ini berada jauh di bawah kompetisi klub utama Eropa dengan Bayern Munich dan City.

Namun, Klopp masih memandang saingannya sebagai ahli taktik terbaik dunia.

Sebelum musim ini, Klopp hampir ditendang Liverpool ketika ia berakhir dengan kekalahan di Piala EFL dan final Liga Eropa pada 2016, dan final Liga Champions dua tahun kemudian.

Namun, Klopp meyakini bahwa kesinambungan telah menjadi kunci setelah melihat Dortmund - tim yang ia bawa untuk merebut gelar Bundesliga antara 2010 dan 2012 - finis ketujuh dalam kampanye terakhirnya setelah sejumlah pemain utamanya pergi.

"Saya tidak melakukan jauh berbeda dari sebelum final yang hilang di tahun-tahun sebelumnya," tambah Klopp.

"Kami membuat banyak keputusan yang tepat bersama. Jika saya memiliki bakat, mungkin saya bisa menyatukan orang-orang yang sangat baik. Misalnya, staf pelatih saya luar biasa, tetapi tidak ada resep rahasia."

"Penting juga bahwa kami terus berkembang. Masalah di Dortmund adalah bahwa tim kami berantakan. Itu tidak terjadi di sini dan sekarang tim telah sangat konstan selama dua setengah tahun."

"Kami memainkan setiap pertandingan seolah-olah itu yang terakhir karena kami tidak memiliki hal lain untuk dilakukan pada akhir pekan."

KEYWORD :

Pep Guardiola Jurgen Klopp Tim Liverpool




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :