Kamis, 25/04/2024 10:43 WIB

Arteta Pengen Bawa Arsenal Kayak Liverpool

Arsenal memenangkan empat kejuaraan liga dan mereka selesai di atas Liverpool di musim pertama Klopp di musim 2015-16.

Mikel Arteta memberi arahan kepada Mesut Ozil (Foto: FourFourTwo)

Jakarta, Jurnas.com - Perjuangan Liverpool untuk menjadi juara Liga Premier di bawah asuhan Jurgen Klopp telah memberi keyakinan Mikel Arteta bahwa ia dapat merencanakan kebangkitan yang sama di Arsenal.

Kekalahan 2-1 Manchester City dari Chelsea pada Jumat (26/06) membuat The Reds dipastikan sebagai juara Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

Di sisi lain, Arsenal memenangkan empat kejuaraan liga dan mereka selesai di atas Liverpool di musim pertama Klopp di musim 2015-16.

Namun, keduanya telah pergi ke arah yang berlawanan sejak itu, dengan The Reds telah mengklaim poin dua kali lebih banyak dari The Gunners `dari 31 pertandingan.

Arteta, yang ditunjuk sebagai pelatih kepala The Gunners pada bulan Desember, mengagumi bagaimana Klopp telah mengubah Liverpool dan berpikir itu harus berfungsi sebagai dorongan bagi pasukannya saat ini.

"Mereka datang sejauh sebagai klub dan sebagai tim dalam beberapa musim terakhir. Saya pikir mereka menetapkan budaya klub yang sangat jelas bahwa mereka dapat menularkannya kepada pendukung dan menghasilkan kepercayaan," ujar Arteta dilansir Soccerway, Sabtu (27/06).

"Saya pikir mereka memiliki filosofi yang sangat jelas dengan cara mereka ingin bermain, cara mereka mendekati setiap pertandingan, dan kemudian mereka memiliki rekrutmen yang sangat bagus," tambahnya.

"Mulai dari staf dan pelatih serta semua pemain yang mereka tandatangani, mereka secara khusus untuk cara mereka ingin bermain jadi selamat untuk mereka."

Ditanya apakah Liverpool merupakan inspirasi bagi Arsenal, Arteta menjawab: "Ya, karena mereka berada di posisi yang sangat sulit empat tahun lalu dan mereka membuat banyak keputusan yang tepat - beberapa keputusan sulit, beberapa keputusan tidak populer tetapi keputusan yang tepat untuk mereka.

"Mereka sangat konsisten dengan pesan mereka, pesan yang sangat jelas dari atas ke bawah, dan mental yang kejam untuk menjalani setiap pertandingan dengan mentalitas untuk memenangkan permainan."

Klopp membawa Liverpool ke dua final piala dalam musim pertamanya, meskipun Liverpool kalah pada kedua kesempatan itu.

Kemenangan Piala FA mungkin menjadi tujuan Arteta paling realistis musim ini juga mengingat timnya terpaut 11 poin dari tempat Liga Champions.

The Gunners akan menghadapi Sheffield United di perempat final pada hari Minggu.

"Kami sangat gembira. Ini adalah kompetisi yang sangat terkait dengan klub sepakbola ini - yang telah memenangkannya lebih dari siapa pun di negara ini," ujar Arteta.

"Para pemain bersemangat, memiliki kesempatan untuk pergi ke Wembley bahkan jika itu kosong, ini adalah kesempatan yang istimewa sehingga kami akan berusaha keras.

"Kami pasti akan menghadapi lawan yang sulit, tetapi anak-anak sangat gembira tentang hal itu."

KEYWORD :

Klub Liverpool Mikel Arteta Tim Arsenal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :