Rabu, 15/07/2020 18:17 WIB

Artefak Peninggalan Kekhalifahan Abbasiyah Ditemukan di Makam Kerabat Nabi

Puluhan artefak yang berasal dari akhir era kekhalifahan Abbasiyah ditemukan selama pekerjaan konstruksi untuk sebuah parkir mobil di kota suci Mekah

Artefak peninggalan Kekhalifahan Abbasiyah

Jakarta, Jurnas.com - Puluhan artefak yang berasal dari akhir era kekhalifahan Abbasiyah ditemukan selama pekerjaan konstruksi untuk sebuah parkir mobil di kota suci Mekah di Arab Saudi.

Temuan ini memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata negara itu. 24 artefak berukir yang membentuk batu nisan, salah satunya berasal dari tahun 1257, ditemukan di pemakaman kota Al-Mu`alla.

Setelah penemuan itu, barang-barang tersebut diserahkan kepada Kementerian Pariwisata Kerajaan, sebuah badan pemerintah yang baru-baru ini ditingkatkan dari status komisi beberapa bulan setelah Arab Saudi mengeluarkan visa turis untuk pertama kalinya.

Pemakaman Al-Mu`alla adalah tempat peristirahatan sejumlah kerabat Nabi Muhammad (saw). Ini juga tempat artefak telah ditemukan selama pekerjaan konstruksi sebelumnya. Batu nisan lainnya ditemukan di dekat kuburan Desember lalu.

Penemuan ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahwa kuburan, seperti padanannya yang terkenal di Madinah, Jannat Al-Baqi, dulu memiliki susunan kubah dan struktur yang dibangun di atas kuburan. Semua ini dihancurkan oleh otoritas Saudi pada tahun 1925, setelah penaklukan mereka atas Mekah dan wilayah Hijaz.

Pembongkaran makam dan bangunan adalah masalah kontroversial di dunia Muslim. Banyak yang menuduh Saudi dan penafsiran puritan mereka tentang Islam Sunni - yang disebut "Wahhabisme" - menghancurkan warisan Islam. Namun, para ulama telah membela penghancuran atas dasar bahwa struktur seperti itu tidak Islami dan dilarang oleh Nabi.

Akuisisi artefak oleh Kementerian Pariwisata dimaksudkan untuk mendorong industri pariwisata Arab Saudi, yang menjadi fokus Kerajaan saat berusaha memulihkan diri dari kemerosotan ekonomi selama krisis coronavirus.

Mereka berencana untuk meluncurkan Dana Pengembangan Pariwisata senilai $ 4 miliar dan telah mengumumkan rencana untuk skema "Musim Panas Saudi" untuk menarik wisatawan ke negara Teluk. Tujuannya adalah untuk mendiversifikasi ekonomi Saudi dan mencapai tujuan Visi 2030-nya.

TAGS : Artefak Kuno Kekhalifahan Abbasiyah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :