Kamis, 03/12/2020 11:26 WIB

EventXtra Ubah Krisis Covid-19 Jadi Peluang Bisnis

EventXtra juga secara penuh mewadahi para penyelenggara acara dengan mengintegrasikan pekerjaan sebelumnya

ilustrasi program EventXtra

Jakarta, Jurnas.com - Platform penyelenggara acara multiguna, EventXtra mengubah krisis saat covid-19 menjadi sebuah peluang bisnis dengan meluncurkan solusi terbaru bertajuk "Virtual Exhibition", yang mengalihkan acara – acara offline berskala besar menjadi acara online.

Menurut Co-Founders EventXtra, Angus Lik, selain menyediakan segala dukungan digital dalam proses pelaksanaan pameran visual tersebut, EventXtra juga secara penuh mewadahi para penyelenggara acara dengan mengintegrasikan pekerjaan sebelumnya, memberikan pengalaman interaktif selama acara, serta menyediakan laporan data analisis, yang terbukti efektif mampu menjadi solusi bagi permasalahan bisnis.

"EventXtra sendiri telah membukukan pertumbuhan pendapatan hingga 300% hanya dalam waktu 6 bulan setelah solusi terbaru tersebut diluncurkan. Hal itu menunjukkan bahwa pameran virtual mampu menjadi sebuah tren besar di masa depan," ujar Lik.

Startup EventXtra asal Hong Kong ini didirikan tahun 2014, bertujuan untuk memfasilitasi para penyelenggara acara dan partisipan dengan memberikan solusi platform keseluruhan manajemen acara, termasuk di dalamnya koordinasi, registrasi, pembayaran, serta data analisis dari traffic acara dan sebagainya.

Selama pandemi berlangsung, lebih dari 90% acara – acara offline ditunda serta dibatalkan. Menanggapi hal tersebut, EventXtra telah meluncurkan solusi terbaru bertajuk "Virtual Exhibition", yang mampu mengatasi pembatasan wilayah serta mengubah acara – acara offline menjadi online dengan teknologi canggih terbaru. Hal ini diklaim mampu memberikan pengalaman interaktif dan menunjukkan data analisis acara dengan lebih efisiensi.

Fitur – fitur yang terdapat dalam "Virtual Exhibition" antara lain: pertama, proses operasional efisien. Dalam hal ini membuat form registrasi, manajemen partisipan serta pendaftaran. Juga, mengirimkan notifikasi email dan SMS. Kedua, menciptakan lingkungan virtual. Contoh tempat pameran, booth acara, iklan, ruangan konferensi, dan lainnya.

Untuk fitur ketiga, memaksimalkan pengalaman berjejaring. Daalam hal ini menciptakan “Virtual Exhibition Hall” bagi partisipan untuk mengunjungi booth atau menghadiri webinar. Lalu, partisipan dapat memulai percakapan pribadi dan bertukar kartu nama digital di dalam platform. Serta, partisipan dapat berkomunikasi dengan penjual serta membuat perjanjian online maupun offline.

Fitur keempat, statistic keterlibatan dalam pameran virtual. Memberikan data analisis menyeluruh bagi penyelenggara acara maupun pihak yang terlibat dalam pameran, seperti traffic , jumlah rata-rata yang telah menyaksikan video, jumlah brosur yang telah diunduh, serta jumlah pertanyaan, dan lainnya.

Selain fitur – fitur di atas, EventXtra juga dapat menyediakan freebies bagi yang berminat untuk menjadi penyelenggara acara, dengan menawarkan form registrasi yang dapat diunduh (klik disini) serta uji coba sistem registrasi secara online (klik disini).

Sum Wong, Co-founder EventXtra, mengatakan, berdasarkan sebuah penelitian, piranti lunak pembuat acara di Asia sendiri telah membukukan pengeluaran tahunan lebih dari US$ 1miliar dan merupakan wilayah dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

"Tujuan kami adalah mengendalikan kondisi tersebut dan menjadi pemain papan atas di kawasan Asia dengan melayani para penyelenggara acara sebanyak mungkin," katanya.

Selama ini pendanaan EventXtra didukung sepenuhnya oleh UB Ventures, Inc (UB Ventures), perusahaan permodalan usaha yang fokus kepada bisnis berlangganan. UB Ventures merupakan grup perusahaan dari Uzabase, Inc. merupakan startup terbesar di Jepang. Uzabase adalah perusahaan media informasi bisnis asal Jepang dan terdaftar di Bursa Saham Tokyo sejak 2016. Pada tahun 2018, perusahaan tersebut diakuisisi oleh Quartz, perusahaan media bisnis asal New York untuk pasar global.

EventXtra merupakan hasil investasi pertama UB Ventures di Asia yang berasal dari Jepang, dan Uzabase akan membantu EventXtra dalam mendirikan serta mengembangkan usahanya di Jepang. Hal tersebut menjadi bagian dari ekspansi bisnis EventXtra di Asia yang mencakup Jepang, Korea Selatan, Asia Tenggara, dan Daratan Cina yang bertujuan untuk menyediakan solusi manajemen acara keseluruhan terhadap pasar yang dituju.

Untuk mendukung ekpansi bisnis di Asia, EventXtra bekerja sama strategis dengan Pico X, partner ekskusif piranti lunak manajemen acara, untuk menyediakan pengalaman digital bagi industri acara. Pico X merupakan unit bisnis digital strategis Pico Group (Pico). Pico adalah perusahaan aktivasi yang mempunyai banyak pengalaman dan beroperasi di lebih dari 40 kota penjuru dunia.

TAGS : Krisis Covid-19 EventXtra




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :