Sabtu, 24/10/2020 15:45 WIB

John Bolton Ungkap Trump Tak Tahu Inggris Punya Senjata Nuklir

Penasihat Keamanan Nasional AS ,John Bolton dipecat Presiden Donald Trump. (Foto via PressTV)

Washington, Jurnas.com - Sebuah buku oleh mantan penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS), John Bolton mengungkap bawah Presiden  Donald Trump tidak menyadari bahwa Inggris memiliki senjata nuklirnya sendiri.

Kurangnya pengetahuan Trump tentang persenjataan nuklir sekutu terdekat Amerika adalah salah satu dari banyak contoh yang diberikan Bolton tentang ketidaktahuan geopolitik presiden dalam memoarnya yang akan dijual minggu depan.

Pemerintahan Trump sedang mencoba untuk memblokir penerbitan buku, The Room Where it Happened.

Trump diduga membuat komentar pada pertemuan dengan mantan perdana menteri Inggris, Theresa May dua tahun lalu. Topik tersebut muncul selama pertemuan dengan Mey pada tahun 2018, ketika itu disebutkan oleh salah satu pejabatnya.

"Oh, apa kamu memiliki tenaga nuklir?" menurut buku itu. Bolton mengatakan dia bisa mengatakannya "tidak dimaksudkan sebagai lelucon".

Seorang mantan pejabat AS menggambarkan pembicaraan serupa dengan Mey ketika Trump melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris pada Juni 2019.

Inggris pertama kali menguji hulu ledak nuklir pada 1952. Senjata nuklir berbasis kapal selamnya saat ini dimuat pada rudal Trident buatan AS. Para kritikus berpendapat Inggris secara teknis sangat tergantung pada AS sehingga Trident sebenarnya bukan sistem yang independen. (Press TV)

TAGS : Donald Trump Amerika Serikat John Bolton




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :