Jum'at, 06/12/2019 02:25 WIB

Warga Catalonia Tuntut Kemerdekaan

Ratusan ribu warga Catalonia (Catalan) turun ke jalan memperingati hari tersebut pada Minggu (11/9), sekaligus menyerukan kemerdekaan dari Spanyol.

Ratusan ribu warga Catalan turun ke jalan tuntut kemerdekaan./foto: elpais

Catalan - La Diada adalah Hari Catalonia Nasional. Sebuah hari yang diperingati sebagai kemenangan pasukan Catalonia dalam perang Spanyol pada tahun 1714. Ratusan ribu warga Catalonia (Catalan) turun ke jalan memperingati hari tersebut pada Minggu (11/9), sekaligus menyerukan kemerdekaan dari Spanyol.

Pada Voice of America disebutkan bahwa sekitar 800 ribu orang mengikuti pawai peringatan, meneriakkan yel-yel tuntutan kemerdekaan, lepas dari Spanyol.

Artur Mas, Presiden Catalan, mengatakan kepada pers bahwa momentum Pemilu 2016 sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan referendum ulang. Hanya saja, Majelis Nasional Catalan tidak sependapat dengan Artur. Majelis Nasioinal menginginkan tahun depan untuk pelaksanaan referendum ulang.

Carles Puigdemont adalah pemimpin separatis Catalan. Ia sependapat dengan Majelis Nasional. Carles mengusulkan referendum untuk kemerdekaan Catalan pada tahun depan. Carles berharap hasil referendum yang dilaksanakan tersebut dapat dijadikan rujukan, perlu pemisahan atau tidak.

Pada tahun 2014, Catalan pernah melakukan referendum untuk pemisahan diri dari Spanyol. Sejumlah 1,6 juta pemilih telah menggunakan haknya mengikuti pemungutan suara. Mereka mendukung kemerdekaan. Namun, Mahkamah Konstitusi Spanyol segera bersikap dan memerintahkan penghentian pemungutan suara tersebut. Sebanyak 5,4 juta pemilih urung melakukan pemungutan suara berdasar edaran dari Mahkamah Konstitusi Spanyol.

Madrid mengecam keras tindakan tersebut, dan menyatakan sebagai tindakan ilegal. Memisahkan diri dari Spanyol jelas akan ditentang oleh Uni Eropa, dan Catalan bakal mendapat hukuman dari Uni Eropa.

Catalan merupakan daerah otonomi khusus di Spanyol. Wilayah ini memiliki empat provinsi, yaitu Barcelona, Girona, Lleida, dan Tarragona. Sebuah survei yang pernah dilakukan menyatakan bahwa 50 persen warga Catalan menginginkan kemerdekaan. Sementara pada bagian lain 81 persen meminta pemerintah Spanyol melakukan referendum.[]

TAGS : jurnas.com catalonia tuntut kemerdekaan merdeka spanyol barcelona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :