Selasa, 17/09/2019 13:25 WIB

Tol Cipali Diprediksi Hujan, Pemudik Dihimbau Waspada

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sepanjang Tol Cipali akan diguyur hujan sepanjang hari.

Ilustrasi gerbang tol Cipali

Jakarta - Meski lalu lintas Tol Cipali masih lancar, hingga Minggu (11/9) jelang lebaran Idul Adha pemudik yang lewat jalur Cikopo - Palimanan itu terus meningkat. Terkait hal tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sepanjang Tol Cipali akan diguyur hujan sepanjang hari.

Di jalur Cikopo, Kalijati, Subang dan Cikedung akan diguyur hujan pada Minggu (11/9) malam. Jika hendak melewati Tol Cipali, BMKG menghimbau kepada para pemudik untuk tetap berhati-hati karena, meski pada siangnya tidak hujan, namun angin di sepanjang jalur tersebut berada pada kisaran 10 - 20 km/jam.

Sementara itu, hujan akan mengguyur jalur Kertajati, Sumberjaya dan Palimanan pada Minggu (11/9) siang harinya. Meski memiliki intensitas sedang, namun jalur basah bisa menyulitkan pemudik. Kecepatan angin di jalur Tol Cipali berhembus sedang, yaitu hanya berkisar 10 km/jam.

Tol Cipali diprediksi pada Minggu (11/9) hari ini akan mengalami lonjakan pengguna. Diperkirakan, rerata harian jumlah kendaraan dari arah Jakarta menuju Cirebon yang melintas sebanyak 12 ribu kendaraan, pada lebaran Idul Adha ini mencapai 30 ribu lebih kendaraan.

Operator Tol Cipali yang bekerja sama dengan kepolisian di setiap polres di bawah koordinasi Korlantas Mabes Polri, akan mengantisipasi terjasinya penumpukan kendaraan terutama di sepanjang lajur rest area.

"Ada penambahan sejumlah fasilitas agar pengguna jalan tol nyaman dan aman. Fasilitas tambahan yang disiapkan yaitu toilet tandem dan air bersih di semua rest area," ucap Hudaya Arryanto, Wakil Direktur PT LMS, selaku operator Tol Cipali.

Rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan di Tol Cipali adalah membuat sistem buka tutup serta penyiapan pembatasan jam istirahat. Terutama di tempat-tempat yang ramai, seperti rest area Kilometer 102 A arah Jakarta-Cirebon yang sering penuh.

"Namun pemberlakuannya situasional melihat kondisi dilapangan," jelas Sujana, Kasat Lantas Polres Subang.

Menurut Sujana, rest area akan menjadi fokus perhatian teruatama pada saat arus arus libur akhir pekan dan Idul Adha. Sehingga, sudah sejak Kamis (8/9) kemarin jajaran polres sudah menempatkan banyak petugas di semua rest area yang diprediksi akan terjadi penumpukan pengemudi kendaraan.[]

TAGS : jurnas.com tol cipali bmkg prediksi idul adha waspada prakiraan cuaca




TERPOPULER :