Selasa, 14/07/2020 07:05 WIB

PMI Selalu Gandeng Pemerintah Dalam Operasi Penanganan Covid-19

Undang-Undang kepalangmerahan telah mengatur segala kegiatan PMI dilakukan oleh 2 pihak yaitu PMI dan Pemerintah

Sekjen Palang Merah Indonesia Sudirman Said (Dok: PMI)

Jakarta, Jurnas.com - Palang Merah Indonesia (PMI) selalu berkordinasi dengan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, serta TNI, Polri dalam setiap operasi penanganan Covid-19 yang dijalankannya.

Hal itu disampaikan Sekjen PMI, Sudirman Said saat menjadi pembicara di Dreya Forum melalui aplikasi virtual meeting, Jumat (5/6/2020).

"PMI selalu menekankan kepada seluruh relawan di berbagai daerah untuk menjalin kerjasama dengan Pemda, TNI, Polri, dan semua instansi pemerintah, dan Alhamdulillah selama ini berjalan dengan sangat baik" Ujar Sudirman secara Live dari Markas PMI Pusat Jl. Gatot Subroto Jakarta selatan

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, Undang-Undang kepalangmerahan telah mengatur segala kegiatan PMI dilakukan oleh 2 pihak yaitu PMI dan Pemerintah termasuk di dalamnya TNI, Polri.

“Kerjasama ini diamanatkan oleh UU Kepalangmerahan, yang mengatur bahwa pelaksanaan kegiatan kepalangmerahan dilakukan oleh dua pihak; pemerintah dan gerakan palang merah," Jelas Sudirman.

Selain berkerja sama dengan pemerintah, PMI juga melibatkan organisasi kemasyarakatan dan keagaamaan seperti Dewan Masjid Indonesia, Persatuan Gereja Indonesia, Walubi, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah dan lain lain.

Menurut Sudirman organisasi kemasyarakatan dan keagamaan penting dilibatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kami juga selalu mengajak serta organisasi kemasyarakatan dan keagamaan seperti DMI, PGI, WALUBI, NU, Muhammadiyah dan lain lain. Keterlibatan organisasi kemasyarakatan ini penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat” jelas Sudirman.

Dalam virtual Meeting Forum Dreya turut hadir sebagai partisipan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Ketua Satgas Covid Ikatan Dokter Indonesia Prof. dr. Zoebairi Djoerban, International Contact Partner RSM Indonesia Angela Simatupang, dan Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio.

TAGS : PMI Sudirman Said Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :