Jum'at, 10/07/2020 06:21 WIB

Ini Dia 10 Insan Olahraga Peroleh Penghargaan Haornas 2016

Penerima penghargaan olahraga berasal dari berbagai bidang. Mulai tokoh dan pembina olahraga, wasit sampai masseur.

Logo Kemenpora

Sepuluh orang insan olahraga menerima penghargaan pada puncak peringatan Haornas 2016 pada Jumat (9/9) malam di Stadion Delta Sidoarjo yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menpora Imam Nahrawi. Kesepuluh insan olahraga ini merupakan perwakilan dari 105 insan olahraga yang mendapat penghargaan dari Kemenpora tahun ini.

Sepuluh orang insan olahraga tersebut adalah Gubernur Jawa Timur, Soekarwo yang dinilai berkonstribusi memajukan olahraga Jawa Timur dan nasional lewat berbagai kebijakan, diantaranya anggaran APBD besar untuk olahraga, juga jadi penyelenggaraan ASEAN School Games 2013 dan PON Remaja 2015. Selain Pakde Karwo, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo juga mendapatkan penghargaan karena perannya memfasilitasi event-even olahraga, dan Tini Kartini selaku penggerak Pembina olahraga di masyarakat sebagai instruktur dan juri.

Dari kalangan atlet, yang memperoleh penyerahan penghargaan dari Wapres adalah Erman Sulaeman (Kiper terbaik Homeless World Cup 2016), Citra Adisti dari Tim Jaya Kencana Angel (pemain terbaik dan juara Women Pro Futsal League 2016), Januar Susanto (Juara Master BMX Flatland di FISE World Series Prancis 2016), dan Sanggoe Darma Tanjung (juara amatir skateboard Extreme Sports di FISE World Series Prancis 2016. Tim Nuris FC Liga Santri Nusantara juga meraih penghargaan berkat keberhasilannya menjuarai Malindo Cup 2016 U18 di Malaysia. Sementara dari kalangan media, TVRI menjadi lembaga penerima penghargaan karena dinilai rajin menyiarkan berita olahraga.

“Penerima penghargaan olahraga berasal dari berbagai bidang. Mulai tokoh, pembina sampai masseur, tidak hanya olahraga prestasi tapi juga olahraga kemasyarakatan dan rekreasi,” kata Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta.

Kabid Penghargaan Olahraga Kemenpora, Een Ermawati menjelaskan, untuk tahun 2016, penghargaan olahraga akan diberikan kepada 105 insan olahraga, mulai dari atlet pelajar tingkat SD sampai S2, jurnas.com/tags/atlet berprestasi/" style="text-decoration:none;color:red;font-weight:bold">atlet berprestasi, pembina, wasit, pelatih, dan lain-lain. Ada sekitar 30 penerima penghargaan yang hadir di acara Haornas 2016, namun hanya 10 yang naik ke panggung untuk menerima penghargaan secara simbolis dari Wakil Presiden.

Adapun untuk penghargaan kepada olahragawan berprestasi di Olimpiade 2016, kata Een, sudah diberikan secara simbolik oleh Menpora Imam Nahrawi pada saat acara penyambutan. Juga ada arak-arakan untuk mereka jelang Haornas 2016 sebagai bentuk apresiasi khusus.

“Untuk olahragawan berprestasi di Paralimpiade 2016 yang saat ini masih berlangsung, nantinya akan diberikan dalam acara khusus. Penyerahan penghargaan bukan pada Haornas kali ini,” kata dia.

TAGS : Penghargaan olahraga atlet berprestasi jurnas




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :