Kamis, 25/04/2024 18:42 WIB

Krisan Suryandari Agrihorti, Bunga Hias Cocok untuk Ruang dan Panggung

Bunga bertipe spray berbentuk ganda serta berwarna bunga pita kuning menjadikan Suryandhari Agrihorti ini sangat cocok dijadikan sebagai penghias ruangan atau dekorasi panggung.

Indahnya Suryandhari Agrihorti. (Foto: Balitbangtan)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melepas labih dari 70 varietas krisan bunga potong yang memiliki karakter dan keunggulan yang berbeda-beda pada setiap varietasnya.

Balitbangtan pada 2019 lalu, merilis satu varietas unggul krisan yang diberi nama Suryandhari Agrihorti. Bunga bertipe spray berbentuk ganda serta berwarna bunga pita kuning menjadikan Suryandhari Agrihorti ini sangat cocok dijadikan sebagai penghias ruangan atau dekorasi panggung.

Krisan Suryandhari Agrihorti memiliki tinggi tanaman mencapai 111,5-137 cm, sistem perakaran serabut dengan waktu inisiasi akar stek 10-15 hari.

Krisan ini mempunyai periode kesegaran bunga dalam ruangan (vase life) 12-14 hari, beradaptasi baik dan dapat dikembangkan secara komersial di daerah dengan ketinggian lokasi 700-1.200 meter dari permukaan laut.

Andi Burdah Zawahir, petani sekaligus penangkar benih krisan di wilayah Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat mengatakan mengatakan varietas krisan Balitbangtan sangat disenangi pasar.

"Terutama krisan potong jenis spray dengan warna bunga kuning karena sangat cocok sebagai bahan rangkaian dan dekorasi," ujarnya.

Kurnia Yuniarto, pemulia varietas Suryandhari Agrihorti menjelaskan bahwa pada umur 59 - 62 hari setelah tanam, varietas ini berpotensi menghasikan 10 - 24 kuntum per tanaman per musim tanam.

"Batang berpenampang bulat berwarna hijau dengan daun berbentuk lonjong menjari serta lekukan dalam dan gerigi sedang membuat varietas ini semakin terlihat menarik," ungkapnya.

Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Rudy Soehendi menambahkan bahwa kebutuhan krisan saat ini di Indonesia masih tergolong cukup tinggi dan pemanfaatannya sebagai bunga pot dan bunga potong, untuk bunga potong krisan banyak dimanfaatkan sebagai rangkaian bunga dan dekorasi lainnya.

"Sehingga Balithi sebagai Unit Pelaksana Teknis Balitbangtan selalu berupaya menciptakan varietas unggul yang memiliki corak unik agar krisan selalu diminati pasar setiap waktu," lanjutnya.

Menurut Rudy tanaman hias memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Karena itu, benih dan varietas tanaman mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam upaya peningkatan produksi dan mutu hasil dalam budidaya tanaman.

Rudy berharap dengan munculnya berbagai inovasi terbaru Balitbangtan seperti varietas ini dapat lebih meningkatkan taraf hidup petani khususnya tanaman hias, sehingga apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi Balitbangtan yaitu Pelaksanaan penelitian, pengembangan serta penyebarluasan inovasi di bidang pertanian dapat terlaksana dengan optimal.

KEYWORD :

Bunga Krisan Suryandhari Agrihorti Bunga Hias




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :