Jum'at, 25/09/2020 03:32 WIB

AP II Pastikan Semua Bandara Beroperasi di Tengah Covid-19

Bandara beroperasi sejumlah penyesuaian sesuai regulasi yang diterbitkan mengedepankan protokol kesehatan, keamanan dan keselamatan

Penumpang angkutan udara di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: jurnas.com

Jakarta, Jurnas.com - Stakeholder di seluruh bandara PT Angkasa Pura II (Persero) bersama-sama pastikan bandara tetap beroperasi di tengah pandemi COVID-19 dengan sejumlah penyesuaian sesuai regulasi yang diterbitkan mengedepankan protokol kesehatan, keamanan dan keselamatan.

Seperti yang diketahui, COVID-19 telah dinyatakan sebagai pandemi sejak Maret 2020 oleh WHO. Kemudian, pemerintah merilis berbagai regulasi yang mengatur bagaimana bandara dan maskapai dapat beroperasi di tengah pandemi.

Selain PT Angkasa Pura II sebagai operator bandara, stakeholder lain di bandara adalah Otoritas Bandara Kementerian Perhubungan, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), TNI/Polri, Balai Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, pemerintah daerah, maskapai, groundhandling, dan lain sebagainya.

Seluruh pihak selalu berkoordinasi, menyatukan visi dan menyesuaikan tugas masing-masing demi satu tujuan menjaga konektivitas udara di Indonesia guna mempercepat penanganan COVID-19.

“Stakeholder di bandara terdiri dari berbagai instansi yang memiliki tugas berbeda satu sama lainnya, dan kami selalu meningkatkan sinergi dan kolaborasi serta bergotong royong dalam memperkuat persatuan guna satu tujuan yakni menjaga konektivitas udara Indonesia untuk mempercepat penanganan COVID-19,” ujar VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II Yado Yarismano, Selasa (2/6/2020).

Melalui sinergitas stakeholder di tengah pandemi, serta memperhatikan regulasi yang ada, sejumlah penerbangan dapat dilayani di bandara PT Angkasa Pura II seperti penerbangan repatriasi yang membawa pulang WNI ke Tanah Air, lalu penerbangan yang membawa bantuan, serta perjalanan orang yang bertugas dalam penanganan COVID-19, dan lain sebagainya.

“Adapun pada hari ini, setiap 1 Juni, kita memperingati Hari Lahir Pancasila dan ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk selalu bersatu demi kemajuan Indonesia,” ujar Yado Yarismano.

Tema “Pancasila dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju” yang diangkat dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini menjadi sangat relevan dengan situasi dan kondisi di tengah pandemi COVID-19, seperti yang dinyatakan oleh Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Presiden Joko Widodo, dalam amanat peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan. Juga untuk saling membantu, menolong, bergotong royong, dan selalu optimistis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang.

TAGS : Angkasa Pura Bandara Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :