Rabu, 12/08/2020 14:13 WIB

Rekam Jejak Calon Kepala BIN Hilang

Proses rekam jejak yang ketat saat pemilihan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tidak terlihat alias hilang.

Badan Intelijen Negara

Jakarta - Proses rekam jejak yang ketat saat pemilihan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) tidak terlihat alias hilang. Padahal, untuk mengetahui rekam jejak seseorang sebelum diangkat sebagai pejabat negara sangatlah penting.

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar mengatakan, rekam jejak menjadi penting dan harus diutamakan untuk menyaring figur pejabat publik dan hal itu telah dilakukan Presiden Jokowi saat menyaring calon menterinya.

"KontraS melacak bahwa di awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo, sebenarnya telah menggunakan mekanisme rekam jejak ketika menyeleksi individu-individu yang layak untuk menjadi di kabinet kerjanya," kata Haris seperti dilansir Antara, Kamis (8/9).

Haris mengingatkan, Presiden Jokowi bahkan sempat memanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan PPATK guna mengukur latar belakang calon-calon menterinya.

Menurutnya, semangat rekam jejak seperti ini amat berguna untuk menyaring, mencegah orang-orang yang tidak layak menjadi Kepala BIN.

"Menurut Kontras, figur kepala BIN dapat diambil dari posisi karier di Badan Intelijen Negara," tandasnya.

Diketahui, setelah mendengarkan pemaparan visi dan misi Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon Kepala BIN saat uji kelayakan dan kepatutan, Komisi I DPR menilai layak dan patut menjadi Kepala BIN tanpa ada perdebatan.

"Komisi I berkesimpulan bahwa Budi Gunawan layak dan patut menjadi Kepala BIN yang baru menggantikan Sutiyoso," kata Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (7/9).

Hasil kesimpulan dari uji kelayakan yang digelar Komisi I DPR dibawa ke sidang Paripurna DPR. Hal yang sama, Sidang Paripurna DPR menyetujui dan memutuskan Budi Gunawan sebagai Kepala BIN.

TAGS : Kepala BIN Calon Kepala BIN Budi Gunawan Presiden Jokowi DPR




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :