Sabtu, 20/04/2024 20:51 WIB

Bulan Bung Karno di Tengah Covid-19, PDIP Gelorakan Semangat Kemandirian

Tema peringatan hari lahirnya Pancasila adalah “Pancasila Dalam Tindakan, Gotong Royong Indonesia Maju”.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan kembali menggelar peringatan Bulan Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni tiap tahun. (1 Juni kelahiran Pancasila, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan 21 Juni 1970 Bung Karno wafat).

Adapun kegiatan Bulan Bung Karno tahun 2020 agak berbeda karena dihelat di tengah pandemi Covid-19. Acaranya pun dilakukan secara daring, melalui teleconference, webinar, dan utilisasi seluruh sosial media.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, peringatan Bulan Bung Karno tahun ini mengambil tema: Bung Karno Bapak Bangsa, Spirit Pancasila: Gotong Royong Hadapi Covid-19.

"Dari pandemi Covid-19 ini, bangsa Indonesia diingatkan bagaimana setidaknya Indonesia harus berdikari sekurang-kurangnya di bidang pangan, kesehatan, energi, keuangan, pertahanan, dan keamanan," ujar Hasto dalam pressconfrence virtual DPP PDI Perjuangan, Rabu (27/5/2020).

Hasto bersama Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP, Djarot Syaiful Hidayat, menjelaskan kegiatan bulan Bung Karno diawali dengan Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, 1 Juni 1945.

Mengingat hari lahirnya Pancasila diperingati secara nasional, dan diliburkan, lanjut Hasto, maka PDI Perjuangan menyatukan diri dengan Pemerintah, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, dan seluruh masyarakat Indonesia.

Adapun tema peringatan hari lahirnya Pancasila adalah “Pancasila Dalam Tindakan, Gotong Royong Indonesia Maju”.

"Dengan tema ini, maka politik dalam perbuatan nyata untuk seluruh rakyat, bangsa dan negara Indonesia menjadi ciri dan tolok ukur utama tanggung jawab setiap partai politik di tengah pandemi Covid-19 ini," paparnya.

Dalam peringatan Bulan Bung Karno ini, jelas Hasto, PDI Perjuangan membuka ruang inovasi dan kreativitas yang seluas-luasnya bagi para Pemuda Indonesia guna mengekspresikan seluruh ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan perjuangan Bung Karno tersebut dengan menjawab berbagai tantangan dan persoalan bangsa agar dengan penuh keyakinan menempuh jalan kemajuan di seluruh aspek kehidupan.

Adapun Kegiatan selama Bulan Bung Karno mencakup lomba pidato, lomba cipta lagu, lomba pembuatan video, Gelar Museum Bung Karno secara virtual, bakti social, dan juga berbagai bentuk kegiatan kebudayaan.

"Kegiatan sejenis juga dilakukan seluruh pengurus dan kader partai di daerah dengan mengedepankan muatan lokal," papar Hasto yang diamini oleh Djarot Syaiful Hidayat.

KEYWORD :

Bulan Bung Karno PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :