Sabtu, 11/07/2020 04:19 WIB

Gus Menteri: Kemendes PDTT Harus Tegak Lurus dengan Kebijakan Pemerintah

Indonesia harus lebih mampu mengelola situasi ini dengan lebih baik dan menjadi bagian yang terpisahkan dari seluruh kebijakan Pemerintah

Kemendes PDTT menggelar Halalbilhalal Virtual (Humas Kemendes)

Gus Menteri: Kemendes PDTT Harus Tegak Lurus dengan Kebijakan PemerintahJakarta, Jurnas.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Halalbilhalal Virtual yang dipusatkan di Ruang Kendali Kantor Kalibata, Selasa (26/5/2020).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Menteri Budi Arie Setiadi dan Sekretaris Jenderal Anwar Sanusi hadir di Ruang Kendali untuk menyapa para Pimpinan Pramata, Madya dan Staf Kemendes PDTT termasuk Balai Latihan Masyarakat (BLM) dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua.

Ketua Panitia Halabilhalal Anwar Sanusi mengatakan, acara Halalbilhalal virtual merupakan hal yang baru dan termasuk New Normal atau Normal yang baru. Kita harus melakukan adaptasi dengan kondisi yang baru ini.

Gagasan untuk lakukan HBH secara virtual ini merupakan inisiasi oleh para Pimpinan Tinggi Madya yang mengikuti penyesuaian dengan adanya Covid-19. Jika sebelumnya sesuai tradisi maka seluruh Pegawai di Kemendes PDTT akan dikumpulkan untuk menyemarakkan acara ini.

"Tapi kita harus beradaptasi dengan keadaan. Semoga perayaan hari ini tidak mengurangi esensi kita untuk menyampaikan dan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Minal Aidin Walfaizin Taqaballahu Minna Waminkum Taqaballahu Ya Karim," kata Anwar Sanusi.

"Atas Nama Pribadi dan Sekretaris Jenderal, kami mohon atas segala tindak tanduk perbuatan yang disengaja atau tidak disengaja di lingkungan Kemendes PDTT," sambung Anwar.

Wakil Mendes PDTT Budi Arie Setiadi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H kepada seluruh Staf Kemendes PDTT serta Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Wamendes Budi mengajak para staf untuk bersama-sama berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera angkat kaki dari Indonesia dan Dunia. " Kita berada di Badai yang sama, meski tidak berada di kapal yang sama," kata Wamendes Budi Arie.

"Badai ini harus kita hadapi dengan seluruh kedisiplinan kita . Dengan kita menjaga diri kita maka dengan sendiri kita menjaga orang lain di lingkungan sekitar kita," sambung Wamendes Budi Arie.

Wamendes juga berharap agar doa dan munajat yang disampaikan kepada Tuhan YME bisa dikabulkan dan melimpahkan kesehatan untuk lewati pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, Kemendes PDTT punya tugas besar untuk kembali mengangkat harkat dan martabat yang terkena imbas Covid-19 ini.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam arahannya mengatakan, saat ini Indonesia sedang dalam situasi di luar nalar. Kondisi saat ini tidak hanya dihadapi oleh Indonesia tapi juga negara-negara lain di dunia.

Bedanya, Indonesia harus lebih mampu mengelola situasi ini dengan lebih baik dan menjadi bagian yang terpisahkan dari seluruh kebijakan Pemerintah.

"Saya berpesan ke Keluarga Besar Kemendes PDTT, kita harus paham posisi kita tegak lurus dengan Presiden dan semua kebijakan Pemerintah," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Tugas kita yang pertama, kata Gus Menteri, pertama, mengamankan dan melaksanakan keputusan Pemerintah. Kedua, menyosialisasikan dan memasyarakatkan agar kebijakan Pemerintah benar-benar dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya berpesan kepada seluruh Keluarga Besar Kemendes PDTT untuk bisa menempatkan diri sebagai bagian dari Pemerintah. Jika ada warga yang tidak paham, kewajiban kita lah untuk menjelaskan," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Gus Menteri juga mengingatkan seluruh staf di Kemendes PDTT bisa memahami seluruh kebijakan apapun, di sektor maupun di Direktorat manapun tidak boleh ada mengkotak-kotakkan pemahaman. Ini perlu disampaikan biar jadi bagian intergral dari Kemendes PDTT.

"Supaya kita miliki pemahamanan yang holistik (menyeluruh,red) mengenai Kementerian Desa PDTT," kata Gus Menteri.

TAGS : Kinerja Menteri Desa Halalbilhalal Idul Fitri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :