Senin, 25/05/2020 15:26 WIB

Legislator Dapil Jatim III Ini Sumbangkan 17 Ribu Paket Sembako dan Nasi `Ala Bung Karno`

Sonny T Danaparamita Sumbangkan 17 Ribu Paket Sembako kepada masyarakat terdampak corona di dapil Jatim III

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDIP, Sonny T Danaparamita

Jakarta, Jurnas.com - Pandemi Corona (Covid-19) telah menyebabkan kehidupan masyarakat menjadi serba sulit. Banyak pekerja yang akhirnya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dirumahkan, bekerja sebagian, dikurangi gajinya, dan semacamnya.

Melihat kondisi itu, Anggota Komisi VI DPR RI, Sonny T Danaparamita pun tergerak hatinya untuk membantu meringankan beban masyarakat sekitar dengan menyalurkan 17 ribu Paket Sembako kepada masyarakat. Adapun Paket sembako itu berisi; Beras, Minyak, Mie dan lainnya.

Target penerima manfaat dari bantuan yang ia berikan adalah Pedagang kaki lima, Buruh harian lepas, guru ngaji, Yatim piatu, Fakir miskin dan masyarakat yang kegiatan ekonominya terdampak Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

"Sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia, saya sibuk membuat aksi sosial di Dapil Jatim III (Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso), kita harus saling bantu," kata Sonny saat berbincang-bincang dengan Jurnas.com, Jumat (22/05/2020).

Selain paket sembako, Politisi Banteng moncong putih itu memborong Nasi bungkus di warung-warung terdampak Covid-19, kemudian Nasi itu dia bagikan secara langsung kepada masyarakat terdampak Covid-19.

"Awalnya saya beli nasi bungkus antara 100 bungkus sampai 200 bungkus dari warung-warung yang mendadak sepi (akibat Covid-19), dua hari sekali," katanya.

Namun, setelah berjalannya waktu, Sonny pun berinisiatif untuk membeli bahan, mengolah masakan, mengemas, hingga membagikan secara langsung kepada masyarakat sekitar. Khususnya bagi mereka yang kedapatan menjalani waktu berbuka di tengah jalan.

Menariknya, menu yang disajikan merupakan olahan masakan legendaris. Yakni dengan menggunakan resep masakan nusantara dari buku Mustika Rasa. Cita rasa warisan presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno.

"Selama di Banyuwangi. Sambil memantau harga-harga di pasar saya belanja (bahan; Sayuran, Beras, Daging), siangnya dimasak sendiri dengan resep ala Bung Karno, sore dibagi," ucap Sonny.

"Selanjutnya, saya juga titip uang ke beberapa titik, seperti pondok pesantren dan ada juga Relawan, nantinya mereka masak dan dibagi kepada masyarakat," imbuh Sonny.

Selain itu, Anak buah Megawati Soekarno Putri ini juga membagikan seribu lima ratus parcel lebaran kepada relawan dan pengurus PDI Perjuangan di Kabupaten Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

"Sebelum pulang Jakarta, saya juga membagikan 1500 parcel kepada struktur Partai dan relawan. Harapannya agar mereka bangga dengan kebersamaan yang selama ini telah dijalin dengan baik dan juga untuk meningkatkan imunitas mereka," katanya.

Bagikan APD dan Masker

Tak hanya sembako, Nasi Khas ala Bung Karno dan Parcel saja. Sejak virus ini mewabah Putra asli Blambangan itu telah membagikan tiga puluh ribuan masker, suplemen tubuh, jamu tradisional dan Hand sanitizer.

Selain itu, Sonny juga sudah membagikan ribuan alat kesehatan atau Alat Pelindung Diri (APD) berupa baju Hazmat ke tenaga medis.

"Di rumah Jakarta, saya juga masih ada satu box rapid test, rencananya akan saya sumbangkan lagi ke petugas, ini yang belum sempat ke kirim," kata Sonny.

TAGS : Paket Sembako Sonny T Danaparamita Bung Karno




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :