Sabtu, 30/05/2020 00:18 WIB

Gus Menteri Saksikan Penyaluran BLT Dana Desa di Jawa Timur

Jika dibandingkan dengan Lebaran Idul Fitri tahun 2019, diprediksi bakal ada penurunan perputaran uang di desa berkisar Rp9 hingga 11 Triliun.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri (Mugi/Humas Kemendes)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyaksikan secara virtual penyaluran Bantuan Langsung Tunai dan penyerahan Sembako dari Gubernur Jawa Timur yang berlangsung di tiga tempat, Grahadi Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Jombang.

Penyaluran BLT dan pemberian Sembako di Grahadi disaksikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Sedang Bupati Gresik Sambhari Halim Radinato secara simbolis menyerahkan BLT dan Sembako ke lima perwakilan warga. Begitu juga Bupati Jombang Mundjijah Wahab didampingi Wakil Bupati Sumrambah menyerahkannya secara simbolis.

Menteri Halim dalam arahannya mengatakan, Presiden Joko Widodo setiap hari membutuhkan pembaruan informasi terkait penyaluran BLT Dana Desa karena memang miliki komitmen kuat terhadap daya beli masyarakat.

Gus Menteri, sapaan akrabnya menuturkan, Presiden selalu protes jika dirinya menyambut Dana Desa yang telah cair karena menuturnya hal itu multitafsir. Presiden hanya ingin dapatkan informasi soal persentase Dana Desa yang sudah diterima oleh rakyat.

"Olehnya, meski secara virtual, kami pun selalu mendorong pemerintah provinsi hingga Kabupaten dan Kota untuk percepat penyaluran BLT Dana Desa," kata Gus Menteri di Ruang Kendali Kemendes PDTT, Rabu (20/5/2020).

Data yang diperoleh hingga Rabu (19/5/2020), sudah hampir 70 persen transfer APBN sudah masuk ke Rekening Kas Desa, tapi ternyata persentase dana yang diterima oleh warga masih relatif kecil.

Olehnya, untuk percepat, dalam Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo disepakati sejumlah langkah strategis yaitu Kemendes PDTT telah instruksikan Kepala Desa agar pelaporan data penerima BLT kepada Pemerintah Daerah dilakukan secara simultan dengan penyaluran BLT dana desa hingga proses sinkronisasi tingkat kabupaten tinggal menetapkan skala prioritas penerima agar tidak tumpang tindih.

Kedua, Kemendes PDTT juga lakukan sinkronisasi dengan Kapolri terkait pengawalan Bhabinkamtibmas tingkat desa. Data transparan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) agar segera disalurkandengan senantiasa mengkalkulasi penerima Bansos Tunai PKH, bantuan pangan non tunai serta Kartu Prakerja. Ada sekitar 30 ribu desa yang bakal dapat perlakuan khusus untuk percepatan penyaluran BLT ini.

"Mudah-mudahan langkah semakin percepat penyaluran BLT Dana Desa hingga sebelum Lebaran telah terdistribusi secara maksimal," ujar Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Gus Menteri mengtakan, meski Dana Desa tahun ini telah terdistribusi sebelum Idul Fitri 1441 Hijriyah ini, namun hasil kalkulasi penyaluran uang di desa yang harus jujur diakui mengalami penurunan drastis.

Jika dibandingkan dengan Lebaran Idul Fitri tahun 2019, diprediksi bakal ada penurunan perputaran uang di desa berkisar Rp9 hingga 11 Triliun.

Fakta ini lagi dikaji lebih mendalam karena terkait dengan tingkat daya beli masyarakat desa yang bersentuhan dengan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Pemerintahan yang dipimpinnya itu terus aktif berkeliling ke sejumlah wilayah agar proses penyaluran BLT Dana Desa segera tersalurkan kepada masyarakat.

Hari ini, daerah yang disalurkan lagi dan disaksikan oleh Gus Menteri adalah Kabupaten Jombang dan Gresik. Pada Rabu siang, giliran Kabupaten Madiun dan Tulungagung.

"Dua daerah yang telah 100 persen penyaluran Jombang dan Gresik," kata Khofifah.

"Kami juga telah menyerukan agar seluruh Bansos termasuk BLT Dana Desa didistribusikan sebelum 1 Syawal," kata Khofifah.

Khofifah pun menerangkan jika Jombang adalah Kabupaten pertama yang salurkan Dana Desa.

Turut hadir dalam penyaluran virtual itu Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Staf Khusus Mendes PDTT Ahmad Iman Syukri dan Kapusdatin Ivanovich Agusta.

TAGS : Kinerja Menteri Desa BLT Dana Desa Khofifah Indar Parawansa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :