Selasa, 07/07/2020 17:15 WIB

Studi: Gejala Covid-19 pada Anak-anak Mirip Diare

Pada anak-anak, gejala yang muncul ialah gastrointestial atau flu perut yang mirip dengan diare.

Ilustrasi anak-anak (foto: Google)

Beijing, Jurnas.com - Penelitian di Wuhan, China menemukan bahwa gejala virus corona baru (Covid-19) pada anak-anak berbeda dari orang dewasa, yang umumnya menampakkan gejala batuk dan demam.

Dikutip dari Gulf Today pada Selasa (12/5), pada anak-anak, gejala yang muncul ialah gastrointestial atau flu perut yang mirip dengan diare.

"Anak-anak tidak terlalu rentan terinfeksi Covid-19, beberapa kasus parah sering kali diakibatkan oleh penyakit komplikasi lain. Sangat mudah melewatkan diagnosis Covid-19 ketika anak memiliki gejala non-pernapasan atau penyakit lain," kata Dr. Wenbin Li dari Rumah Sakit Tongji.

Diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Pediatrics, penelitian ini juga menunjukkan bahwa gejala gastrointestinal mengisyaratkan potensi infeksi melalui saluran pencernaan, karena jenis reseptor dalam sel di paru-paru yang ditargetkan oleh virus, juga dapat ditemukan di usus.

"Berdasarkan pengalaman kami berurusan dengan Covid-19, di daerah di mana virus ini adalah epidemi, anak-anak yang menderita gejala saluran pencernaan, terutama dengan demam dan atau riwayat terpapar penyakit ini, harus dicurigai terinfeksi virus ini," papar dia.

Dalam studi ini, tim peneliti merinci fitur klinis anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan gejala non-pernapasan, yang kemudian didiagnosis dengan pneumonia dan Covid-19.

"Anak-anak ini mencari saran medis di gawat darurat untuk masalah yang tidak berhubungan, misalnya, satu memiliki batu ginjal, yang lain trauma kepala," kata para peneliti.

Berdasarkan hasil CT scan dada sebelum atau segera setelah masuk, seluruhnya ditetapkan menderita pneumonia. Namun kemudian dikonfirmasi memiliki Covid-19.

Para peneliti juga menghubungkan gejala gastrointestinal anak-anak, dengan rute infeksi tambahan yang potensial.

"Gejala gastrointestinal yang dialami oleh anak-anak ini mungkin terkait dengan distribusi reseptor dan jalur transmisi yang terkait dengan infeksi Covid-19 pada manusia. Virus ini menginfeksi orang melalui reseptor ACE2, yang dapat ditemukan dalam sel-sel tertentu di paru-paru juga. sebagai usus," tandas Li.

TAGS : Virus Corona Gejala Covid-19 Anak-anak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :