Sabtu, 11/07/2020 02:01 WIB

Ekonomi Global Memburuk, Kebutuhan Dana Negara Berkembang Melonjak

Gopinath mengatakan IMF akan membutuhkan seluruh sumber daya pinjaman saat ini yang jumlahnya mencapai US$1 triliun

International Monetary Fund (IMF)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Ekonomi Dana Moneter Internasional (IMF) Gita Gopinath mengatakan prospek ekonomi global telah memburuk sejak perkiraan terbaru tiga pekan lalu.

Kebutuhan pendanaan eksternal negara-negara berkembang diperkirakan melonjak jauh di atas proyeksi IMF sebelumnya sebesar US$2,5 triliun yang sebelumnya diproyeksikan IMF.

Gopinath mengatakan IMF akan membutuhkan seluruh sumber daya pinjaman saat ini yang jumlahnya mencapai US$1 triliun.

"Kami tahu krisis ini tidak akan hilang dalam waktu dekat. Hal-hal bisa menjadi lebih buruk. Krisis kesehatan belum terpecahkan,” kata Gopinath, Jumat (8/5/2020) dalam video conference.

IMF mengatakan dalam laporan World Economic Outlook pada 14 April lalu bahwa produk domestik bruto (PDB) global akan turun 3 persen tahun ini. Skenario tersebut mengambil asumsi bahwa pandemi akan mereda pada paruh kedua tahun ini dan langkah-langkah pembatasan dapat secara bertahap dihentikan.

Gopinat mengatakan bahwa kecil kemungkinan skenario tersebut dapat terjadi saat ini.

Proyeksi IMF bulan lalu juga menggambarkan tiga skenario alternatif, di antaranya virus bertahan lebih lama dari yang diperkirakan, kembali pada tahun 2021, atau keduanya. Wabah yang lebih panjang akan menyebabkan PDB global susut 3 persen tahun ini.

TAGS : Gita Gopinath Ekonomi Global IMF




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :