Rabu, 20/01/2021 14:10 WIB

Investigasi Pembobolan Data, Tokopedia Gandeng Kominfo dan BSSN

Tokopedia mengatakan eamanan data pengguna adalah prioritas perusahaan

Ilustrasi internet (foto: Middleeast)

Jakarta, Jurnas.com - Platform e-Commerce Tokopedia menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk investigasi terkait upaya peretasan untuk membobol data pengguna.

Kerja sama dnegan Kominfo dan BSSN ini bertujuan untuk investigasi menyeluruh sekaligus meningkatkan sisten keamanan untuk menjaga kepercayaan pengguna.

VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, keamanan data pengguna adalah prioritas perusahaan.

"Sekali lagi kami tekankan, keamanan data pengguna adalah prioritas Tokopedia karena bisnis kami adalah bisnis kepercayaan," ujar Nuraini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate telah meminta Tokopedia melakukan tiga hal untuk menjamin keamanan data pengguna.

"Hal pertama yang harus dilakukan Tokopedia segera melakukan pengamanan sistem untuk mencegah meluasnya data breach. Kedua, memberitahu pemilik akun yang kemungkinan data pribadinya terekspos. Dan ketiga, melakukan investigasi internal untuk memastikan dugaan data breach serta apabila telah terjadi, mencari tahu penyebab data breach tersebut," paparnya.

Kementerian Kominfo juga mengimbau masyarakat tetap menjaga keamanan akun masing-masing.

"Masyarakat sebaiknya rutin mengganti password dan tidak mudah percaya dengan pihak lain yang meminta password maupun kode OTP," tandas Menteri Johnny.

TAGS : Tokopedia Diretas Kominfo Data Pengguna




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :