Kamis, 03/12/2020 11:48 WIB

Covid-19 Sudah 3,5 Juta Kasus, Tingkat Infeksi Menurun

Kasus virus corona baru (Covid-19) telah melampaui 3,5 juta kasus di seluruh dunia, pada Senin (4/5). Sementara jumlah kematian mendekati seperempat juta jiwa.

Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

Sydney, Jurnas.com - Kasus virus corona baru (Covid-19) telah melampaui 3,5 juta kasus di seluruh dunia, pada Senin (4/5). Sementara jumlah kematian mendekati seperempat juta jiwa.

Amerika Serikat dan negara-negara Eropa menyumbang sebagian besar kasus baru yang dilaporkan dalam beberapa hari terakhir, tetapi jumlah yang meningkat pesat berasal dari sebagian wilayah di Amerika Latin, Afrika, dan Rusia.

Secara global, ada 84.004 kasus baru selama 24 jam terakhir, menurut penghitungan Reuters yang didasarkan pada data resmi pemerintah, menjadikan total kasus lebih dari 3,5 juta.

Dikutip dari Reuters, jumlah tersebut sebanding dengan angka influenza musiman setiap tahun, yang biasanya menginfeksi sekitar 3-5 juta orang menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, sementara para ahli mengatakan kasus aktual Covid-19 cenderung lebih tinggi, flu Spanyol yang mewabah pada 1918 masih menjadi yang tertinggi dengan jumlah infeksi mencapai 500 juta kasus.

Kematian terkait dengan Covid-19 mencapai 245.992 kasus. Kematian pertama dilaporkan pada 10 Januari di Wuhan, China, setelah virus tersebut muncul di sana pada Desember tahun lalu.

Tingkat harian kasus-kasus baru di seluruh dunia berada dalam kisaran 2-3 persen selama seminggu terakhir, dibandingkan dengan puncak pandemi sebesar 13 persen pada pertengahan Maret.

Hal ini mendorong banyak negara untuk mulai mengurangi upaya karantina wilayah yang sebelumnya telah melumpuhkan bisnis dan perekonomian global, kendati langkah ini ditentang para ahli karena berpotensi memunculkan wabah gelombang kedua.

TAGS : Virus Corona Data Terakhir Jumlah Kematian Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :