Kamis, 28/01/2021 22:36 WIB

Korea Selatan Sebut Kim Jon Un Masih Hidup dan Sehat

Penasihat itu mengatakan bahwa Kim telah tinggal di Wonsan, kota resor di timur Korea Utara, sejak 13 April

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong un (Foto: Getty Images/AFP)

Seoul, Jurnas.com - Penasihat Keamaan Korea Selatan Moon Chung-in menyebutkan jika Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un masih "hidup dan sehat". Ini juga membantah rumor tentang kesehatan Kim yang beredar sepekan terakhir.

"Posisi pemerintah kita tegas," kata Moon Chung-in, dalam sebuah wawancara dengan CNN pada Minggu (26/4/2020). "Kim Jong Un masih hidup dan sehat."

Penasihat itu mengatakan bahwa Kim telah tinggal di Wonsan, kota resor di timur Korea Utara, sejak 13 April.

"Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," tambahnya sebagaimana dilansir AFP.

Spekulasi tentang kesehatan Kim telah berkembang sejak ketidakhadirannya di perayaan ulang tahun kakeknya, pendiri Korea Utara, Kim Il Sung pada 15 April. Perayaan itu dianggap sebagai salah satu hari terpenting dalam kalender Korea Utara.

Kim belum muncul di depan umum sejak memimpin rapat politbiro Partai Pekerja pada 11 April, dan hari berikutnya media pemerintah melaporkan dia memeriksa jet tempur di unit pertahanan udara.

Ketidakhadirannya telah mengeluarkan serangkaian laporan media yang belum dikonfirmasi mengenai kondisinya, yang sebelumnya para pejabat di Seoul membantahnya.

"Kami tidak memiliki apa-apa untuk mengonfirmasi dan tidak ada gerakan khusus yang terdeteksi di dalam Korea Utara sampai sekarang," kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

 

TAGS : Kim Joung-un Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :