Minggu, 24/01/2021 22:34 WIB

KN Chundamani Evakuasi Korban Tenggelam KM Sumber Arum

Proses evakuasi korban KM Sumber Alam yang tenggelam di perairan Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Foto: Humas Ditjen Hubla.

SURABAYA, Jurnas.com  – Kapal patroli Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas II Surabaya, Jawa Timur, KN Chundamani P-116, mengevakuasi korban tenggelam KM Sumber Arum.

Kapal KM. Sumber Arum yang membawa muatan kayu dilaporkan tenggelam di perairan Taboneo Banjarmasin.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengerahkan Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) milik Pangkalan PLP Tanjung Perak Surabaya yaitu Kapal Patroli KN. Chundamani-P.116 menuju lokasi tenggelamnya kapal.

“Berdasarkan laporan yang diterima, kami mengirimkan Kapal Patroli KN. Chundamani-P.116 yang dipimpin Komandan Kapal Capt. Eko Hadi Suyanto menuju lokasi kejadian,” ujar Kepala Pangkalan PLP Tanjung Perak Mulyadi  di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (26/4/2020).

Kapal KM. Sumber Arum bertolak dari Cekatan Kab. Pulau Pisang Kalimantan Tengah menuju Pamekasan Madura.

Berdasarkan keterangan dari Nakhoda dan ABK kapal, musibah itu bermula ketika sekitar pukul 02.00 waktu setempat, kapal KM. Sumber Arum menabrak kayu balok dalam pelayarannya, sehingga bagian haluan mengalami kebocoran dan air masuk kedalam kapal, tidak lama berselang kapal pun tenggelam.

Kapal yang membawa muatan kayu gelam sebanyak 85 m2 tersebut membawa 6 awak kapal. Sebelum ditolong oleh TB. Atantic 10 yang tengah melintas, mereka bertahan menggunakan rakit dari kayu bambu yang ada dan terombang-ambing di perairan tersebut pada titik koordinat 03°54` 145" S /112°42`391" E.

TAGS : KN Chundamani evakuasi korban tenggelam KM Sumber Alam kapal tenggelam PLP Kelas II Surabaya




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :