Rabu, 21/10/2020 00:44 WIB

Hanya Sebulan, Ilmuwan NASA Bangun Ventilator Pasien Corona

Insinyur NASA dikabarkan telah membangun ventilator prototipe tekanan tinggi baru hanya dalam waktu satu bulan

Ilmuwan NASA (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Ilmuwan NASA dikabarkan telah membangun ventilator prototipe tekanan tinggi baru hanya dalam waktu satu bulan dan sekarang mencari persetujuan untuk dapat disebarluaskan.

"Para insinyur membangun ventilator dalam 37 hari di Jet Propulsion Laboratory NASA di California. Mesin ini akan membantu mengatasi permintaan nasional untuk ventilator demi merawat pasien virus corona yang sakit parah," bunyi pernyataan NASA dilansir UPI, Minggu (26/04).

NASA mengatakan ventilator baru-baru ini diuji di Icahn School of Medicine di New York City, di mana terdapat lebih dari 140.000 kasus COVID-19.

"Kami mengkhususkan diri dalam pesawat ruang angkasa, bukan manufaktur perangkat medis, tetapi rekayasa yang sangat baik, pengujian yang ketat dan prototyping cepat adalah beberapa spesialisasi kami," kata Direktur JPL Michael Watkins dalam sebuah pernyataan.

"Ketika orang-orang di JPL menyadari bahwa mereka mungkin memiliki apa yang diperlukan untuk mendukung komunitas medis dan komunitas yang lebih luas, mereka merasa itu adalah tugas mereka untuk berbagi kecerdikan, keahlian, dan dorongan mereka," tambahnya.

Mesin VITAL, yang merupakan kepanjangan dari Teknologi Intervensi Ventilator yang dapat diakses secara lokal, menggunakan lebih sedikit komponen dan cukup fleksibel untuk dimodifikasi untuk digunakan di rumah sakit lapangan atau pengaturan non-tradisional lainnya. Ini dirancang untuk bertahan antara tiga dan empat bulan, khusus untuk pasien COVID-19.

"Kami memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa manusia, orang-orang yang mungkin kita kenal, tetangga kita, keluarga kita, dan intensitas itu luar biasa," kata Michelle Easter, seorang insinyur mekatronik, dalam sebuah video NASA.

NASA sekarang meminta persetujuan yang dipercepat untuk mesin tersebut dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

TAGS : Insinyur NASA Ventilator Pasien Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :