Selasa, 26/01/2021 09:03 WIB

Rumor Kim Jong Un Sakit, Trump: Saya Berdoa Dia Sehat

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendoakan kesehatan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, yang dirumorkan sedang menjalani operasi.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: BBC)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendoakan kesehatan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, yang dirumorkan sedang menjalani operasi.

Dikutip dari Reuters pada Rabu (22/4), dia berharap dapat bertemu dengan pemimpin otoriter tersebut untuk menengok keadaannya.

"Saya hanya berharap dia baik-baik. Jika dia dalam kondisi seperti yang dikatakan oleh laporan, bahwa berita itu mengatakan, itu adalah kondisi yang sangat serius," kata Trump.

Trump menolak mengatakan apakah dia memiliki informasi langsung tentang kesehatan Kim, dan menyarankan dia mendasarkan informasinya pada laporan berita.

"Saya tidak tahu bahwa laporan itu benar," katanya.

Komentar presiden AS itu mengikuti serangkaian pertanyaan tentang kesehatan Kim, setelah muncul laporan pada Selasa (21/4) kemarin bahwa Kim sedang di rumah sakit.

Korea Selatan mengabaikan laporan tersebut, di tengah meningkatnya spekulasi atas ketidakhadiran Kim dalam peringatan hari ulang tahun pendirinya, Kim Il Sung pada 15 April, yang merupakan tanggal paling penting dalam kalender politik tahunannya.

Daily NK, laman media online yang dijalankan oleh pembelot Korea Utara, mengatakan Kim menjalani prosedur kardiovaskular pada awal bulan ini, dan sedang melakukan proses pemulihan di sebuah villa di provinsi Phyongan Utara.

"Merokok berlebihan, obesitas, dan kelelahan adalah penyebab langsung dari perawatan kardiovaskular Kim yang mendesak," ungkap sumber anonim.

Sementara CNN, mengutip seorang pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan AS menurut keterangan intelijennya menyebut Kim berada dalam "bahaya besar" setelah menjalani operasi.

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump Korea Utara Kim Jong Un




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :