Jum'at, 26/04/2024 05:58 WIB

Balitnak Kembangkan Pakan Pedet

Pakan aditif ini merupakan jasad renik asal rumen yang bersifat nonpatogen dan diberikan kepada pedet yang belum diberi pakan hijauan/prasapih atau pada pedet dalam masa pertumbuhan.

Pakan anak sapi. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pemeliharaan anak sapi (pedet) merupakan salah satu kunci keberhasilan peternakan sapi. Pedet yang sehat akan tumbuh menjadi indukan yang baik. Perlakuan yang tepat terhadap pedet dapat meminimalkan tingkat kematian pada pedet.

Umumnya, sistem pencernaan pedet ketika lahir belum berfungsi secara optimal, sehingga pedet membutuhkan asupan susu segar. Setelah usia sekitar 3-4 bulan biasanya pedet akan mulai dilatih dengan pakan penguat dan hijauan.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) melalui Balai Penelitian Ternak (Balitnak) mengembangkan pakan aditif pedet ternak ruminansia yang dikenal dengan Bioplus Pedet.

Pakan aditif ini merupakan jasad renik asal rumen yang bersifat nonpatogen dan diberikan kepada pedet yang belum diberi pakan hijauan/prasapih atau pada pedet dalam masa pertumbuhan.

Bioplus Pedet mengandung mikroba rumen yang dapat membantu meningkatkan kecernaan pakan serat tinggi sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan pakan. Hal ini membuat pakan aditif ini dapat diberikan kepada pedet pada masa pertumbuhan.

Bioplus Pedet ini baik diberikan kepada pedet prasapih karena rumennya belum memiliki mikroba pencerna serat, sehingga dengan menambah Bioplus Pedet pada pakannya dapat mengurangi perkembangan mikroba rumen yang kelak akan dapat bersinergi dengan mikroba rumen asli yang sudah terdapat dalam rumen pedet.

Kandungan mikroba dalam Bioplus Pedet adalah bakteri dari kelompok Bacteroides succinogenes, Ruminococcus fiavefaciens, Bacteroides/clostridiformis Megasphaera eisdenii, serta fungi dari kelompok Heocalimastic frontalis, Ruminomyces sp, Anaeromyces, Orpinomyces sp.

Pemberian pakan aditif ini hanya diberikan satu kali pada awal periode peralihan dari pakan cair/susu menjadi pakan padat/hijauan dan konsentrat. Dosis per sekali pemberian pada saat pedet belum lepas sapih adalah 200 g/ekor. Bioplus Pedet dapat pula diberikan kepada pedet yang sedang masa pembesaran dengan dosis 250g/ekor per sekali pemberian.

Fungsi Bioplus Pedet adalah membantu mempercepat proses adaptasi pedet pada pakan hijauan, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi kasus diare pada pedet karena masa adaptasi pakan dari pakan cair (susu) ke pakan hijauan.

Selain itu, dapat meningkatkan kemampuan mikroba rumen pedet dalam mencerna ransum kaya serat, meningkatkan efisiensi penggunaan pakan, dan meningkatkan pertumbuhan bobot harian.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Anak Sapi Pakan Pedet Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :