Minggu, 31/05/2020 11:31 WIB

Copa Amerika Ditunda Hingga 2021

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) atau CSF mengumumkan bahwa Copa America 2020 akan ditunda hingga 2021.

Piala Copa Amerika (foto: Soccerway)

Jakarta, Jurnas.com - Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) atau CSF mengumumkan bahwa Copa America 2020 akan ditunda hingga 2021.

Sebelumnya, Argentina dan Kolombia telah dijadwalkan untuk menggelar turnamen tahun ini, tetapi CSF telah memilih untuk menunda 12 bulan karena pandemi virus corona.

Tanggal baru untuk Copa America 2021 adalah 11 Juni hingga 11 Juli. Ini berarti CONMEBOL mengambil langkah paralel ke UEFA, yang menunda Euro 2020 hingga 2021 pada hari Selasa - keputusan yang diakui oleh dua federasi telah diambil dalam koordinasi satu sama lain.

"Setelah analisis terperinci tentang situasi mengenai dunia dan evolusi regional dari virus corona (COVID-19), dan rekomendasi yang dibuat oleh organisasi internasional di bidang kesehatan masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan ekstrim, CONMEBOL mengumumkan penundaan edisi ke - 47 dari CONMEBOL Copa America hingga tanggal 11 Juni hingga 11 Juli 2021," bunyi pernyataan CSF dilansir Soccerway, Rabu (18/03).

Konfederasi, dengan presidennya Alejandro Dominguez yang bertanggung jawab, bersama dengan 10 presiden dari asosiasi anggota yang berbeda, menganggap bahwa peristiwa sebesar ini pantas bahwa semua perhatian dan upaya difokuskan pada organisasinya; prioritas saat ini adalah di latar belakangi untuk melindungi kesehatan dan keselamatan tim nasional, penggemar, media dan kota tuan rumah.

"Tetapi kita harus menjaga kesehatan atlet kita setiap saat dan semua orang yang merupakan bagian dari keluarga besar sepakbola Amerika Selatan. Tidak diragukan lagi bahwa turnamen tim tertua di dunia akan kembali dengan kekuatan baru pada tahun 2021, siap untuk membuat benua dan seluruh dunia bergetar lagi dengan semangat yang selalu menjadi ciri kita," katanya.

"Kami juga berterima kasih kepada UEFA dan presidennya, Aleksander Ceferin, atas kerja sama dan keputusan yang terkoordinasi untuk juga menunda Euro 2020 untuk kepentingan seluruh keluarga sepakbola."

Format turnamen untuk edisi berikutnya Copa America akan menampilkan fase setengah kompetisi dari dua kelompok enam tim, sebelum perempat final.

Argentina, Bolivia, Uruguay, Chili dan Paraguay berada di Grup A bersama peserta tamu Australia - meskipun jadwal sibuk 2021 Socceroos, yang diatur untuk diperparah oleh jaminan kualifikasi Piala Dunia 2022, berarti partisipasi mereka sekarang tampaknya dalam bahaya.

Kolombia, pemegang gelar Brasil, Venezuela, Ekuador, dan finalis terakhir yang kalah, Peru berada di Grup B, dengan Qatar kembali sebagai tim yang diundang.

Pekan lalu, FIFA menunda putaran kualifikasi Piala Dunia Maret yang dijadwalkan di Amerika Selatan atas permintaan CONMEBOL.

TAGS : Copa Amerika Sepak Bola Amerika Selatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :