Sabtu, 11/04/2020 03:19 WIB

Mekatronika Jadi Prodi Favorit di SGU

salah satu alasan prodi Mekatronika menjadi favorit karena prodi tersebut ilmu ini menggabungkan atau mensinergikan disiplin ilmu Mekanika, ilmu Elektronika dan Informatika

acara media gathering SGU bertema “Empowering Next Generation Professionally To Embrace the Digital Transformation Era” di HopeClat Kitchen & Tea Room, Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Kamis (27/02)

Jakarta, Jurnas.com – Program studi (prodi) Mechathronics atau Mekatronika menjadi pilihan favorit bagi mahasiswa-mahasiswi yang sedang menempuh kuliah di salah satu kampus ternama bertaraf Internasional, Swiss German University (SGU).

Hal itu disampaikan Head of Public Relations SGU, Ratih Marini dalam acara media gathering SGU bertema “Empowering Next Generation Professionally To Embrace the Digital Transformation Era” di HopeClat Kitchen & Tea Room, Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Kamis (27/02)

Menurut Ratih, salah satu alasan prodi Mekatronika menjadi favorit karena prodi tersebut ilmu ini menggabungkan atau mensinergikan disiplin ilmu Mekanika, ilmu Elektronika dan Informatika. Sehingga itu dinilai sebagai paket lengkap untuk mahasiswa agar lebih mudah bersaing di era industri 4.0.

“Melalui prodi Mekatronika kita mempelajari tiga aspek yaitu Mekanik, Elektronik dan Information technology, tiga skill yang sangat dibutuhkan di era ini,” kata Ratih.

Selain itu, Ratih mengaku bahwa SGU merupakan universitas pertama yang membuka prodi Mechathronics di Indonesia. “SGU membuka prodi Mechathronics untuk mengantisipasi munculnya profesi-profesi baru di masa depan,” tandasnya.

Ratih menambahkan, serangkaian program edukasi SGU yang beriringan dengan adanya tren transformasi digital serta menyesuaikan diri dengan kebijakan baru pemerintah terkait peningkatan sumber daya manusia untuk menghadapi persaingan global.

“Salah satunya adalah dengan kebijakan Kampus Merdeka yang keempat, di mana SGU sebagai perguruan tinggi memberikan pelatihan kepada siswa untuk magang atau praktik kerja di industri atau organisasi sebagai jam kegiatan guna melatih pelajar untuk lebih siap menghadapi tantangan di dalam suatu perusahaan atau organisasi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Ratih, SGU memiliki program double degree di mana pelajarnya wajib untuk melakukan magang di dalam negeri ketika masuk ke dalam semester tiga. Selanjutnya magang dan melakukan kegiatan perkuliahan di luar negeri ketika memasuki semester enam.

“Hal itu menjadi salah satu bukti bahwa SGU telah menjadi terdepan dan mendukung kebijakan pemerintah,” tutupnya.

Sejak resmi berdiri pada 2010 lalu, SGU telah meluluskan ribuan alumni yang terdiri dari Strata 1 (S1) sekitar 3.500 lebih dan untuk jenjang strata 2 (S2) mencapai 700 lebih.

TAGS : Kampus SGU Prodi Mekatronika




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :