Kamis, 03/12/2020 10:39 WIB

Presiden Macron Pesimistis Uni Eropa-Inggris Capai Kesepakatan Perdagangan

Inggris dan UE akan memulai negosiasi yang bertujuan untuk menuntaskan perjanjian perdagangan pada saat periode transisi pasca-Brexit berakhir pada akhir Desember.

Emmanuel Macron terpilih Jadi Presiden Prancis dengan total suara 65,1

Paris, Jurnas.com - Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengatakan, tidak yakin akan mungkin bagi Uni Eropa (UE) dan Inggris untuk mencapai kesepakatan perdagangan pada akhir tahun ini.

Inggris dan UE akan memulai negosiasi yang bertujuan untuk menuntaskan perjanjian perdagangan pada saat periode transisi pasca-Brexit berakhir pada akhir Desember lalu.

Namun, pemerintah Prancis sudah menjelaskan bahwa negosiasi tersebut akan sangat sulit, terutama dalam kerangka waktu yang begitu ketat.

"Saya tidak yakin bahwa kesepakatan akan dicapai antara sekarang dan akhir tahun ini," kata Macron pada pertemuan dengan para nelayan, yang peduli akan mata pencaharian mereka setelah Brexit, di sebuah acara perdagangan pertanian di Paris.

"Pokoknya, itu akan menjadi lebih tegang karena (Inggris) sangat sulit," katanya, menambahkan bahwa hak penangkapan ikan akan menjadi titik kunci pertikaian.

Inggris secara resmi mengakhiri keanggotaannya selama 47 tahun di UE pada 31 Januari, hampir empat tahun setelah mayoritas memilih meninggalkan blok dalam referendum 2016.

Prancis dan beberapa negara lain ingin tetap menangkap ikan di perairan Inggris, sementara London menginginkan otonomi penuh dan akses terbatas bagi nelayan Eropa.

Ketua negosiator UE, Michel Barnier, mengatakan prioritas utama UE adalah memancing, keamanan, dan menjaga kondisi perdagangan yang adil untuk perusahaan-perusahaan Eropa.

Ia juga dengan tegas menolak saran Inggris bahwa perusahaan City of London dapat diberi akses luas dan permanen ke pasar UE tanpa syarat.

Secara keseluruhan, kapal penangkap ikan Perancis menghasilkan 30 persen dari pendapatan mereka dari hasil tangkapan di wilayah laut Inggris, terutama yang kaya akan stok ikan.

Pejabat Prancis mengatakan, Inggris mengekspor sebagian besar hasil tangkapannya ke Eropa, yang menunjukkan bahwa nelayan Inggris memiliki banyak kerugian jika kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan.

TAGS : Presiden Prancis Emmanuel Macron Uni Eropa Inggris Kesepakatan Perdagangan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :