Sabtu, 04/04/2020 20:35 WIB

Ketua MPR: Bumikan Empat Pilar Bersama Komunitas

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR RI dan Motor Besar Indonesia (MBI) yang akan digelar 22-23 Februari 2020.

Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR RI dan Motor Besar Indonesia (MBI) yang akan digelar 22-23 Februari 2020.

Jakarta, Jurnas.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi Sosialisasi Empat Pilar MPR kerja sama MPR RI dan Motor Besar Indonesia (MBI) yang akan digelar 22-23 Februari 2020.

Sosialisasi itu dirangkai cerdas cermat yang pesertanya dari komunitas motor, dan beragam hiburan dengan doorprize yang menarik. Juara pertama cerdas cermat mendapat satu unit Harley Davidson, juara kedua paket umrah, dan pemenang ketiga sepeda motor listrik. Acara juga diisi Rolling Thunder dari Senayan City ke gedung MPR. Hiburan diisi The Changcuters.

Hal itu diungkap Bamsoet dalam jumpa pers bersama Wakil Ketua MPR Bidang Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR Bidang Akuntabilitas MPR Arsul Sani, Ketua Umum MBI Satrio Nur Rachmanto, Ketua Panitia Acara Niko Marcelino, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (19/2).

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama antara MPR dan Motor Besar Indonesia, di mana saya adalah Ketua Dewan Pembina (MBI), Bapak Ahmad Basarah sebagai penanggung jawab Sosialisasi Empat Pilar MPR, dan Bapak Arsul Sani sebagai penanggung jawab bidang akuntabilitas MPR," kata Bamsoet dalam jumpa pers yang dipandu Ketua Koordinatoriat Wartawan Parlemen Romdony Setiawan itu.

Bamsoet menjelaskan bahwa serangkaian kegiatan dalam Sosialisasi Empat Pilar ini merupakan inisiatif dari MBI dan para bikers. "Hadiah-hadiah juga dari mereka untuk mereka, yang terbaik memahami Empat Pilar MPR RI. Motor Harley ini adalah sponsor atau sumbangan dari grup Anak Elang Harley Davidson," katanya.

Selain Harley, ada pula sepeda motor Yamaha Mio, sepeda motor pabrikan Tiongkok dari komunitas, paket bulan madu Hotel Sultan, dan sepeda motor listrik dari komunitas motor listrik Indonesia. "Kami sedang menggalakkan kendaraan tanpa BBM, yakni motor dan mobil listrik," katanya.

Bamsoet juga merupakan pembina di komunitas mobil listrik Indonesia. Sementara ketuanya adalah Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. "Saya belum menunjuk siapa ketua umum komunitas motor listrik Indonesia tetapi akan segera terbentuk begitu anggotanya lebih dari 50," katanya.

"Sekarang pemesan motor listtik sudah cukup banyak, semoga dalam waktu dekat kita akan migrasi dari motor berbahan bakar minyak ke listrik."

Jadi, Bamsoet menegaskan bahwa semua rangkaian kegiatan ini adalah inisiatif fan kerja sama MBI dengan MPR. Dia menyatakan MPR hanya menyiapkan panggung, konsumsi, kursi dan tempat, acara di halaman parkir gedung MPR/DPR/DPD RI.

"Sementara honor artis, hadiah-hadiah dan seluruh acaranya ditanggung oleh langsung oleh MBI termasuk publikasi-publikasi di seluruh wilayah Jakarta, dan sudah ada video promosi acara ini," katanya.

Sekali lagi, mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu mengucap terima kasih atas terselenggaranya even ini. "Tujuannya adalah bagaimana Empat Pilar ini membumi di Indonesia. Sengaja kami rangkul komunitas motor, karena mereka akan menjadi kekuatan besar Sosialiasi Empat Pilar MPR," katanya.

Selain komunitas motor, MPR juga menggandeng ojek-ojek online yang jumlahnya mencapai jutaan di Indonesia. Menurutnya, ini merupakan kekuatan yang cukup besar untuk terus-menerus mencegah radikalisme, menjaga pluralisme dan menjadi mata telinga para penegak hukum manakala di wilayah masing-masing ada indikasi-indikasi yang sifatnya intoleran.

"Kalau semua warga, komunitas sadar , maka tidak mungkin lagi ada kejadian intoleransi," katanya.

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan MPR ke depan akan melakukan kerja sama dengan berbagai komunitas, seperti penggemar burung berkicau dan lainnya.

"Kemarin saya juga menerima forum santri, mungkin kami akan melakukan juga cerdas cermat antarpesantren, para santri. Begitu dengan komunitas-komunitas yang lain," paparnya.

Bahkan, Bamsoet berujar nanti akan menarik orang-orang bergaya hidup mewah, maupun komunitas atau pemilik supercar dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR.

"Kita harus sadar kalau di negara ini dia punya Pancasila, dia punya kewajiban menjaga NKRI, dia punya kewajiban menjaga kebhinekaan dan juga paham akan UUD dan juga solidaritas sosial," ujarnya.

Jadi, kata Bamsoet, jangan kaget karena mungkin pada saatnya MPR akan merangkul seluruh club-club supercar melakukan Sosialisasi Empat Pilar.

"Sehingga para pengendara memiliki semangat solidaritas yang sama sebagai pemakai jalan raya. Salam satu aspal," katanya.

Wakil Ketua MPR Arsul Sani mengatakan bahwa Sosialisasi Empat Pilar kerja sama MPR dan MBI itu merupakan upaya untuk melakukan pendekatan, namun dengan cara yang berbeda.

Ia menjelaskan bila periode-periode sebelumnya sosialisasi lebih pendekatan di dalam ruangan, banyak ceramahnya, diskusi-diskusi, dialog, maka ke sekarang dan ke depan akan diubah.

"Pendekatan yang dilakukan oleh pimpinan MPR periode sekarang, ini lebih kepada pendekatan-pendekatan dengan berbagai bentuk pertemuan di luar ruangan, dengan cara outbond," jelas Arsul.

Ia menjelaskan selain dengan komunitas motor yang jadi penyelenggara dan sponsor, sebelumnya MPR juga sudah bekerja sama Asosiasi Muslim Penyelenggaran Haji dan Umrah Republik Indonesia atau AMPHURI dalam dalam bentuk kegiatan olahraga pagi di arena car free day.

"Sekali lagi kami pimpinan MPR mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman komunitas pengurus Motor Besar Indonesia, mudah-mudahan ini tidak yang pertama dan terakhir," ujarnya.

TAGS : Warta MPR Sosialisasi empat pilar MPR Bambang Soesatyo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :