Sabtu, 04/04/2020 06:43 WIB

Marwan: BUMN Harus Kreatif Dukung Pariwisata

BUMN perlu mendorong even-even budaya dan wisata daerah agar menarik wisatawan. Kemudian gencarkan promosi bahwa Indonesia aman dari Virus Corona

Anggota DPR Komisi VI Marwan Jafar

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi VI DPR RI Marwan Jafar mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjukkan kreativitasnya dalam mendukung penguatan industri pariwisata.

"Katanya pariwisata menjadi andalan dalam memperkuat perekonomian. Ya harus buktikan dong, bagaimana BUMN mestinya lebih kreatif mendukung pariwisata," ujar Marwan Jafar di Jakarta, Senin (17/2/2020).

Marwan yang juga pernah sebagai Ketua Fraksi PKB mengakui, akhir-akhir ini pariwisata mengalami goncangan lantaran adanya virus corona, yang membuat banyak pelancong membatalkan niatnya berwisata.

Bahkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebut, ada potensi kerugian hingga USD4 miliar atau sekitar Rp54 triliun karena dampak Virus Corona. Itu dengan asumsi bahwa penerbangam dari China ditutup.

Angka kerugian itu dihitung berdasarkan jumlah wisatawan asal China yang mencapai 2 juta orang setahun. Dengan pengeluaran rata-rata per kunjungan (Average Spending Per Arrival/ASPA) dari wisatawan asal China mencapai USD 1.400.

Bagi Marwan, isu Virus Corona tentu tak selamanya merugikan. Sebab bisa saja wisatawan yang tadinya hendak ke China dan negara-negara rawan Corona, kemudian mengalihkan tujuannya ke Indonesia.

"Di sini kan malah jadi peluang kita. Tinggal bagaimana BUMN sebagai perusahaan pemerintah ikut memikirkan juga. Kreatif lah," jelasnya.

Sebagai contoh, kata Marwan, BUMN perlu mendorong even-even budaya dan wisata daerah agar menarik wisatawan. Kemudian gencarkan promosi bahwa Indonesia aman dari Virus Corona dan sebagainya.

"Dorongan dan dukungan semacam ini belum saya lihat. Kalau pun sudah dilakukan, ya kurang gencar. Makanya BUMN harus tampil mendukung," tegasnya.

Marwan juga menyebut sekarang adalah momentum bagi BUMN untuk menunjukkan sumbangsihnya bagi kemajuan ekonomi, khususnya melalui industri pariwisatan.

Sebagai perusahaan yang memakai dana negara, jelas Marwan, memang sudah seharusnya BUMN melakukan itu. Yakni mendukung pengembangan industri pariwisata yang nilai ekonominya sangat terasa sampai ke bawah.

"Kan pemerintah sendiri bilang, kalau pariwisata salah satu andalan utama perekonomian. Maka ya itu tadi, BUMN harus kreatif mendukung. Mulai dari infrastrukturnya, even, promosi, dan semua industri turunannya," tegas Marwan Jafar, Anggota Komisi VI DPR, Mantan Menteri Desa, PDTT.

TAGS : Pariwisata Marwan Jafar BUMN




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :