Sabtu, 04/04/2020 05:37 WIB

Menhan Esper: Huawei Ancaman Serius Bagi NATO

Huawei adalah

Menteri AD, Mark Esper berbicara di depan sidang dengan Komite Angkatan Bersenjata di DPR AS, Capitol Hill, Washington, D.C. (Foto: Andrew Harnik/ AP/VOA)

Washinton, Jurnas.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Mark Esper kembali menyatakan keprihatinan tentang perusahaan ponsel China Huawei. Raksasa teknologi itu disebut sebagai ancaman serius bagi NATO.

"Jika kita tidak memahami ancaman dan kita tidak melakukan sesuatu tentang hal itu, pada akhirnya itu dapat membahayakan aliansi militer yang paling sukses dalam sejarah," kata Esper di depan audiensi di Konferensi Keamanan Munich di Munich, Jerman, Sabtu (15/2).

Esper mengatakan, Huawei adalah "poster anak" untuk strategi jahat China untuk menyusup dan mendominasi infrastruktur penting barat.

Esper mengatakan kepada anggota NATO untuk tidak mengizinkan Huawei membangun jaringan komunikasi 5G barunya yang akan mengizinkan transfer data instan untuk mereka.

"Ketergantungan pada vendor 5G Tiongkok dapat membuat sistem kritis mitra kami rentan terhadap gangguan, manipulasi dan spionase," kata Esper. "Itu juga bisa membahayakan kemampuan komunikasi dan berbagi intelijen kita dan dengan perluasan, itu bisa membahayakan aliansi kita."

Washington telah menekan sekutu-sekutu NATO-nya untuk melarang Huawei, dengan mengatakan perusahaan China itu menimbulkan risiko keamanan.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo menyebut Huawei sebagai produsen "kuda Trojan untuk intelijen China".

Sekutu kunci AS di Eropa, Inggris, bagaimanapun, mengatakan bahwa Huawei menimbulkan risiko terlalu kecil untuk mengharuskan larangan membangun jaringan 5G. (Press TV)

TAGS : Raksasa Teknologi China Huawei Amerika Serikat Mark Esper




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :