Kamis, 25/04/2024 14:45 WIB

PDIP: Pancasila Tidak Bertentangan dengan Agama

Kegaduhan kembali menyeruak di sosial media terkait ucapan Kepala BPIP Yudian Wahyudi yang menyebut musuh terbesar Pancasila adalah agama.

Anggota Komisi VIII DPR dari PDIP, Diah Pitaloka

Jakarta, Jurnas.com - Kegaduhan kembali menyeruak di sosial media terkait ucapan Kepala BPIP Yudian Wahyudi yang menyebut musuh terbesar Pancasila adalah agama.

Menanggapi hal tersebut, politisi PDI Perjuangan Diah Pitaloka menyampaikan pandangannya. Menurutnya, Pancasila tidak bertentangan dengan agama yang dianut di Indonesia.

"Pancasila itu diilhami oleh nilai-nilai spiritualitas, karena masyarakat kita adalah masyarakat yang religius, masyarakat yang beragama. Untuk itulah Undang-Undang Dasar kita menjamin praktek beragama kita," Diah yang juga Anggota Komisi VIII DPR itu.

Diah juga menyayangkan jika masih ada upaya mempertentangkan agama dengan Pancasila. "Tidak tepat itu Agama dan Pancasila kok dipertentangkan. Jangan buat opini semacam itu. Pancasila melindungi semua warga negara untuk menjalankan kepercayaannya," tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Diah meminta agar semua pihak tidak larut dalam polemik ini. Sehingga, tidak dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang menginginkan perpecahan anat anak bangsa.

"Jangan mau dimanfaatkan oleh para pembonceng. Kita semua jaga Pancasila sebagai dasar dan falsafah negara. Jangan sampai polemik begini dimanfaatkan oleh mereka yang mau ganti dasar negara, karena mereka suka kalau kita terpecah belah," tegasnya.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi VIII Pancasila dan Agama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :