Sabtu, 04/04/2020 19:03 WIB

Bareng Anies, Kementan Operasi Pasar Bawang Putih dan Cabai di Jakarta

Harga cabai merah misalnya, tembus Rp100.000 per kg dan bawang putih Rp60.000-70.000 per kg.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) melakukan operasi pasar bawang putih dab cabai rawit di TTIC, Jakarta, Minggu 9 Februari 2020. (Foto: Supi/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Ketahanan Pangan (BKP), Kementerian Pertanian (Kementan) malakukan operasi pasar untuk dua komoditas,  bawang putih dan cabai rawit merah di 22 pasar di Jakarta, Minggu (9/2).

"Saya ingin melaporkan, operasi pasar yang kami lakukan hari ini utamanya adalah untuk mengendalikan harga bawang dan cabai," kata Kepala BKP, Agung Hendriadi di Toko Tani Indonesia (TTI) di Jakarta.

Sebanyak 20 ton bawang putih yang digelontorkan hari ini berasal dari Food Station. Kementan sendiri menurunkan cabai rawit merah sebanyak 10 ton yang berasal dari luar pulau Jawa.

"Cabai rawit merah yang perjalanannya cukup jauh. Kami ambil dari Wajo (Sulawesi Selatan), Kalimantan Selatan dan Sumatera Barat," ujar Agung.

Harga komoditas cabai rawit dan bawang putih akhir-akhir ini memang mangalami lonjakan di DKI Jakarta. Harga cabai merah misalnya, tembus Rp100.000 per kg dan bawang putih Rp60.000-70.000 per kg.

Agung menjelaskan, kenaikan harga dua komoditas bahan dapur di ibu kota itu karena masalah cuaca ekstrem yang terjadi di Pulau Jawa. Sehingga, kebutuhan untuk komoditas terasebut masih dipenuhi dari luar Jawa.

Ia juga mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan operasi pasar beberapa hari yang lalu.

"Kami sudah laksanakan beberapa hari, tapi memang hari ini khusus kami ingin Gubernur (Anies Baswedan) yang melaunching agar masyarakat tau bahwa pemerintah hadir dalam hal ini pengendalian harga," ujar Agung.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan sangat mendukung operasi pasar yang dilakukan Kementan.

"Bagi kami, paling penting adalah ibu rumah tangga dan keluarga di Jakarta bisa mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau dan stabil," ujar Anies.

Menurut Anies, Pemprov DKI melalui Pasar Jaya dan Food Station memasok kebutuhan pokok dan operasi pasar secara reguler di 88 pasar di Jakarta oleh PD Pasar Jaya.

"Jadi dengan begitu harapannya pasokan kebutuhan pokok di pasar terjamin. Dengan begitu, nantinya harga bisa turun dan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan pokoknya dengan harga yang terjangkau," kata Anies.

TAGS : Operasi Pasar Bawang Putih Cabai Rawit Anies Baswedan Agung Hendriadi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :