Rabu, 19/02/2020 08:11 WIB

382 Hari di Luar Angkasa, Astronot AS Berhasil kembali ke Bumi

Dia sudah membuat sejarah pada saat itu sebagai setengah dari wahana antariksa wanita pertama bersama dengan mitranya di NASA Jessica Meir pada bulan Oktober.

Astornot wanita asal AS berhasil mendarat ke Bumi (foto: AFP)

Jakarta, Jurnas.com - Astronot Amerika Serikat, Christina Koch, berhasil kembali ke Bumi dengan selamat pada Kamis setelah memecahkan rekor luar angkasa untuk astronot wanita setelah hampir setahun berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Koch mendarat di padang rumput Kazakh setelah 328 hari di ruang angkasa bersama dengan Luca Parmitano dari Badan Antariksa Eropa dan Alexander Skvortsov dari badan antariksa Rusia.

Dmitry Rogozin, kepala badan antariksa Roscosmos Rusia, mengatakan kru telah kembali dengan selamat.

"Semuanya baik-baik saja, para kru merasa baik-baik saja," tulis Rogozin di Twitter dilansir Afp.

Koch, seorang insinyur kelahiran Michigan berusia 41 tahun, mengalahkan rekor sebelumnya untuk pesawat luar angkasa tunggal oleh seorang wanita - 289 hari, dipegang oleh veteran NASA Peggy Whitson - pada 28 Desember 2019.

Dia sudah membuat sejarah pada saat itu sebagai setengah dari wahana antariksa wanita pertama bersama dengan mitranya di NASA Jessica Meir pada bulan Oktober.

"Sangat menyenangkan berada di tempat di mana kamu bisa melompat-lompat di antara langit-langit dan lantai kapan pun kamu mau," katanya.

Kembalinya Koch terjadi setelah sebuah iklan yang diproduksi oleh merek perawatan kulit Olay berlari selama istirahat di sepak bola Amerika Super Bowl dengan panggilan untuk "memberi ruang bagi wanita".

Wanita pertama di luar angkasa adalah kosmonot Soviet Valentina Tereshkova yang spaceflight-nya pada tahun 1963 masih merupakan satu-satunya misi tunggal yang dilakukan oleh seorang wanita.

Tetapi kosmonot yang dikirim Rusia ke ISS sejak ekspedisi dimulai tahun 2000 semuanya laki-laki, terkecuali peluncuran Yelena Serova pada 2014.

Baik Tereshkova dan Serova sekarang menjadi anggota parlemen di parlemen Rusia, di mana mereka mewakili partai Rusia Bersatu yang berkuasa.

Tidak seperti Koch, yang tinggal di ISS diperpanjang, Parmitano dan Skvortsov mengakhiri misi enam bulan reguler.

Empat kosmonot pria telah menghabiskan satu tahun atau lebih di ruang angkasa sebagai bagian dari satu misi tunggal dengan 437 hari rekor Valery Polyakov secara keseluruhan.

Scott Kelly memegang rekor sebagai astronot NASA, memposting 340 hari di ISS sebelum ia kembali ke rumah pada tahun 2016.

TAGS : Astronot AS Luar Angkasa




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :