Minggu, 12/07/2020 09:18 WIB

Perhatikan Peran dan Modus Pembobol Rekening Ilham Bintang

Para pelaku memiliki peran dan juga modusnya dalam membobol rekening nasabah bank. Seperti apa?

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat berikan keterangan. (Foto :Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com - Polda Metro Jaya berhasil mengamankan 8 orang pelaku pembobolan rekening dan kartu kredit yang dialami korban Ilham Bintang. Polisi pun membeberkan peran dari masing-masing pelaku.

“Jadi untuk pelaku D ini mempunyai peran sebagai otak dari kejahatan itu. D kita amankan di kediamannya di Palembang, Sumatera Selatan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020).
Kombes Yusri juga menyebut pelaku D membeli data-data nasabah bank dan slip OJK guna mengetahui identitas para korbannya. Pelaku H inilah yang menjual data ke pelaku D.

“H merupakan pekerja di salah satu bank di Jakarta ini bank Bintara Pratama Sejahtera (BPR). Tersangka H punya akses bisa dapat Sistem Laporan Informasi Keuangan (SLIK) OJK atau slip OJK,” ujar Yusri.

SLIK OJK itu merupakan data-data lengkap seseorang yang memiliki rekening atau limit rekening.

“Akses itu dipersalahgunakan oleh pelaku H demi keuntungannya sendiri,” kata Yusri.

Kemudian polisi menangkap tersangka R dan HN yang berperan memabntu menyiapkan data-data yang akan dijual oleh H. Lalu dari D polisi mendapati tersangka W, AY dan TR yang berada di Jakarta untuk menduplikat kartu SIM korban dengan cara datang langsung gerai Indosat di Jakarta Barat.

Sebelum ketiganya mendatangi gerai Indosat, terdapat peran dari JW yang membuat KTP palsu atas nama Ilham Bintang, akan tetapi dengan wajah orang lain.

Setelah para pelaku mendapati sim baru, KTP palsu dan identitas yang lain tentang Ilham Bintang, barulah para pelaku melakukan aksinya dengan melakukan pembobolan rekening dan kartu kredit.

Para pelaku ini berhasil mengambil uang dari 2 rekening dan kartu kredit milik korban Ilham Bintang. Uang sebanyak Rp 300 juta berhasil diambil oleh para pelaku dari rekening BNI dan Commenwealth milik korban Ilham Bintang.

“Jadi para pelaku ini mengambil uang dari rekening dan kartu kredit milik korban Ilham Bintang sebanyak Rp 300 juta,” ujar Yusri.

 

TAGS : Ilham Bintang Pembobol Rekening Polda Metro




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :