Jum'at, 05/06/2020 20:32 WIB

Darurat Virus Corona: Warga China Dilarang Masuk ke Iran

Iran adalah tujuan utama turis Tiongkok yang berkunjung ke Timur Tengah.

Seorang pria membeli masker di sebuah toko obat setelah wabah virus corona baru dan penutupan kota, di Wuhan, provinsi Hubei, Cina, pada 29 Januari 2020. (Foto: Reuters)

Teheran, Jurnas.com - Menteri Kesehatan Iran, Saeed Namaki sudah menuntut agar pemerintah mencegah masuknya penumpang dari China di tengah ancaman epidemi virus corona.

Namaki mengatakan sudah meminta Wakil Presiden Pertama Iran, Es`haq Jahangiri untuk menginformasikan kepada Kementerian Luar Negeri Iran dan Kementerian Perjalan tentang larangan masuknya semua pelancong dari China dari darat, laut, dan udara hingga pemberitahuan lebih lanjut.

"Semua pangkalan kesehatan di pelabuhan negara telah dalam siaga tinggi sejak pecahnya virus Corona," kata Namaki pada Jumat (31/1) seperti lansir Press TV.

Ia mengatakan lebih dari 70 mahasiswa Iran yang tinggal di Wuhan, China akan kembali ke Negeri Para Mullah dalam beberapa hari mendatang. Setibanya di Iran, mereka akan dirawat di tempat yang sesuai di bawah pengawasan dan perawatan penuh selama dua minggu.

Sebelumnya, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi mengatakan, para pejabat diplomatik Iran melakukan upaya habis-habisan untuk mengeluarkan warga Iran dari Wuhan, yang merupakan pusat epidemi virus corona yang sedang berlangsung.

"Upaya terus menerus untuk mengelola berbagai aspek masalah ini dan untuk membantu sesama warga negara yang tinggal di daerah yang terkontaminasi di China," kata Mousavi kepada wartawan, Kamis (30/1)

Sejak awal virus mulai menyebar, kedutaan Iran di Beijing menjalin komunikasi dengan mahasiswa Iran di Wuhan yang berisi sebagian besar kasus yang terkena, katanya.

Wuhan dalam kuncian virtual, dan hampir semua penerbangan di bandara kota dibatalkan dan pos pemeriksaan memblokir jalan utama yang mengarah ke luar kota. Pihak berwenang memberlakukan penguncian serupa di lebih dari 10 kota di dekat Wuhan sebagai bagian dari upaya penahanan yang berkelanjutan.

Virus ini sejauh ini sudah menewaskan 213 orang dan menyebar ke setidaknya 18 negara di seluruh dunia, dengan jumlah kasus virus korona yang dikonfirmasi berdiri di 9.809.

Pada Kamis (30/1), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan darurat kesehatan masyarakat internasional.

Iran adalah tujuan utama turis Tiongkok yang berkunjung ke Timur Tengah.

TAGS : Gejala Virus Corona Darurat Virus Corona Kota Wuhan Warga China Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :