Sabtu, 04/04/2020 19:24 WIB

Warganet Semakin Kesengsem Iklan Panjang di Youtube

Panjangnya durasi tersebut memberi kesempatan untuk banyak bereksplorasi.

Ilustrasi Youtube

Jakarta, Jurnas.com - Warganet semakin kesengsem dengan iklan berdurasi panjang, dengan kisaran waktu di atas 30 detik di platform Youtube. Panjangnya durasi tersebut memberi kesempatan untuk banyak bereksplorasi.

YouTube sendiri mengizinkan para pembuat iklan untuk lebih mengeksplorasi gagasan. Sebab, iklan tidak lagi dibatasi durasi waktu. YouTube Indonesia melihat iklan berdurasi panjang, di atas 30 detik, semakin hari semakin diminati.

"Alasannya, orang selalu mencari konten," kata Creative Lead Google Indonesia, Ishak Reza, di Jakarta, Kamis (30/01/2020).

Semakin panjang durasi iklan, semakin banyak juga peluang kreator untuk berkreasi. Selain bercerita, mereka juga bisa membangun merk dagang yang ingin diperkenalkan.

Berikut tiga tips membuat iklan durasi panjang di YouTube

1. Tiga detik krusial
Tiga detik pertama merupakan waktu yang paling penting untuk mencuri perhatian penonton, mereka akan memutuskan akan lanjut menonton iklan atau tidak.

Reza menyarankan kreator untuk bermain dengan ekspresi tokoh yang bercerita, misalnya menangis atau tertawa. Kreator bisa juga mengeksplorasi emosi manusia di tiga detik pertama tersebut, misalnya persaan sedih, senang atau marah.

Cara lainnya, menggunakan adegan yang cepat dengan mengkombinasikan beberapa gambar sekaligus. Ketika ada banyak hal yang dilihat dalam satu adegan, orang akan tertarik untuk mengetahui kelanjutan cerita.

2. Konteks yang sangat lokal dan relevan
Ceritakan sesuatu yang sangat lekat dan dekat dengan kebiasaan sehari-hari masyarakat Indonesia.

3. Cerita yang menghibur
Orang Indonesia, umumnya menyukai humor. Tapi, jalan cerita untuk iklan tidak harus melulu tentang humor. Sisipkan adegan-adegan menarik atau menghibur di setiap adegan dan hindari jalan cerita yang berbelit-belit.

TAGS : Youtube Iklan Panjang Warganet




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :