Sabtu, 04/07/2020 21:43 WIB

Menko PMK soal Virus Korona: Indonesia Masih Aman

Pernyataan ini disampaikan Muhadjir usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Kantor Kemenko PMK Jakarta pada Selasa (28/1) bersama sejumlah kementerian dan lembaga.

Muhadjir Effendy (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan Indonesia masih aman dari wabah virus korona.

Pernyataan ini disampaikan Muhadjir usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Kantor Kemenko PMK Jakarta pada Selasa (28/1) bersama sejumlah kementerian dan lembaga.

"Alhamdulillah sampai hari ini Indonesia masih aman. Dan mudah-mudahan akan terus aman. Itulah yang akan kita usahakan," ujar Menko PMK kepada awak media.

Kendati belum ditemukan kasus virus korona di Indonesia, Muhadjir tetap meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan.

Pun jika nantinya virus yang telah membunuh 100 orang dan menginfeksi setidaknya 4.000 orang itu muncul di Indonesia, pemerintah akan melakukan langkah perlindungan maksimal.

"Yang penting kita harus meningkatkan kewaspadaan setinggi-tingginya, melakukan antisipasi dan pencegahan. Juga bersiap kalau memang pada akhirnya harus terjadi, kita bisa melakukan langkah-langkah semaksimal mungkin," kata dia.

Senada dengan Muhadjir, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto juga menyebut hingga detik ini belum ada satupun kasus virus korona di Indonesia.

Karenanya dia akan terus melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, guna memastikan virus tersebut tidak masuk ke wilayah NKRI.

"135 pintu masuk negara kita sudah dijaga 24 jam dan dilaporkan setiap saat kepada Kementerian Kesehatan dan kementerian terkait," terang Menkes.

Menkes juga mengimbau masyarakat Indonesia agar tetap melakukan pola hidup sehat dengan memperhatikan imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik.

"Imunitas tubuh jadi daya tangkal menghadapi virus ini," tandas dia.

TAGS : Virus Korona Menko PMK Muhadjir Effendy Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :