Kamis, 25/04/2024 23:48 WIB

AI Ancaman Bagi Pekerja "Kerah Putih"

Pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang dengan gelar sarjana, bisa menjadi yang paling terpukul

Ilustrasi kecerdasan buatan (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - Robot mungkin mengambil alih pekerjaan kerah biru (miskin) dari orang Amerika yang kurang berpendidikan. Namun kecerdasan buatan (AI) siap untuk mengguncang karyawan yang berpendidikan tinggi di pekerjaan bergaji tinggi, sehingga tidak ada pekerja yang kebal terhadap dampak teknologi pada tenaga kerja Amerika.

“AI akan digunakan lebih luas oleh pekerja bergaji tinggi dan paling berpendidikan tinggi,” kata Mark Muro, salah seorang peneliti di Brookings Institute dilansir Voa, Jumat (24/01).

“Otomatisasi biasanya cenderung memengaruhi pekerja bergaji rendah. Namun AI akan berdampak pada pekerjaan di kelas menengah, kantor kerah putih," tambahnya.

AI umumnya dianggap sebagai pemrograman komputer untuk melakukan hal-hal yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia, tugas-tugas seperti perencanaan, pembelajaran, penalaran, dan pemecahan masalah.

Muro dan rekan-rekannya menganalisis pekerjaan mana yang akan paling sangat dipengaruhi oleh kecerdasan buatan di masa depan. Namun apa yang mereka pelajari menyatakan bahwa hampir setiap pekerjaan akan merasakan efek AI.

Tetapi apakah AI akan menggantikan pekerja yang lebih terampil dengan cara yang sama dengan robot menggantikan pekerja berketerampilan lebih rendah sulit diprediksi. AI mungkin menciptakan pekerjaan dan pekerjaan yang sama sekali baru bagi manusia.

“Kami tidak dapat benar-benar mengatakan pada titik ini apakah AI akan mengarah pada penghancuran pekerjaan atau dukungan pekerjaan. Namun kedua hal itu bisa terjadi, ”kata Muro.

“Ini mungkin berarti bahwa para pekerja akan memiliki akses ke teknologi baru yang sangat kuat. Tapi itu mungkin berarti akan ada lebih banyak tantangan dalam pekerjaan-pekerjaan bergaji tinggi."

Pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang dengan gelar sarjana, bisa menjadi yang paling terpukul. Ini termasuk analis riset pasar, manajer penjualan, pemrogram, analis manajemen, dan insinyur.

Posisi-posisi yang sangat terlibat dalam pekerjaan yang berorientasi pada pola atau prediksi diharapkan akan sangat rentan terhadap serangan AI yang didorong oleh data, menurut analisis.

“Setiap orang akan dipengaruhi oleh otomatisasi,” kata Muro.

“Jadi saya pikir ini membuka kemungkinan semua kelompok di masyarakat perlu menyadari bahwa mereka bersama-sama. otomatisasi akan menjadi faktor penting dalam 20 tahun ke depan, jadi sebaiknya kita bekerja sama untuk muncul dengan solusi atau respons yang lebih baik. "

Analisis Muro menemukan bahwa pekerja di bidang manufaktur, seringkali pekerja yang kurang berpendidikan, juga akan terkena dampak AI, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada yang berpendidikan lebih tinggi.

Tentu saja, ini bukan pertama kalinya pekerja Amerika terkena dampak atau berpotensi terkena dampak teknologi.

"Ada teknologi yang telah diterapkan yang tidak mengarah pada hilangnya pekerjaan dalam skala besar," kata William M. Rodgers III, profesor kebijakan publik dan kepala ekonom di Pusat Pengembangan Tenaga Kerja Heldrich di Universitas Rutgers.

Rodgers turut menulis laporan tentang bagaimana robot mempengaruhi pekerja dan upah mereka.

“Kami harus memastikan bahwa kami memiliki jaring pengaman atau pendekatan yang dapat membantu meredam pukulan bagi orang-orang yang terlantar oleh teknologi,” kata Rodgers.

Tantangannya, seperti yang dilihat Muro, adalah menentukan bagaimana manusia dapat menambah nilai.

KEYWORD :

Kerah Putih Kecerdasan Buatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :