Rabu, 26/02/2020 01:39 WIB

Menlu Zarif: Iran Siap Lakukan Negosiasi dengan Arab Saudi

Zarif juga mengatakan siap mengunjungi Arab Saudi untuk membantu mengurangi ketegangan antara Riyadh dan Teheran.

Menteri luar negeri Iran, Mohammad Javad Zarif

Teheran, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, Teheran siap beruding dengan Arab Saudi dan negaraTeluk Persia lainnya untuk mempromosikan keamanan regional.

"Kami siap untuk negosiasi dengan Arab Saudi dan negara-negara pesisir Teluk Persia lainnya. Kami juga siap memberikan proposal mengenai keamanan di wilayah ini, khususnya Selat Hormuz," kata Zarif saat bertemu Asosiasi Industri Seluruh India (AIAI) di kota India, Mumbai, Jumat (17/1).

Ia menambahkan, Iran juga sudah mengajukan proposal tentang mekanisme membangun perdamaian di Selat Hormuz.

Didirikan 1956 di Mumbai, AIAI memiliki lebih dari 1.500 anggota dan melalui afiliasinya mewakili lebih dari 50.000 industri.

Pada Oktober 2019, Zarif juga mengatakan siap mengunjungi Arab Saudi untuk membantu mengurangi ketegangan antara Riyadh dan Teheran jika kondisi memungkinkan.

"Jika kondisi memungkinkan, saya siap melakukan perjalanan ke Riyadh untuk menyelesaikan perbedaan antara kedua negara," kata Zarif menjawab pertanyaan yang diajukan kantor berita al-Masirah berbahasa Arab Yaman.

"Teheran menyambut setiap inisiatif yang bertujuan meredakan ketegangan di kawasan itu dan akan bekerja sama dengan pihak lain untuk mengakhiri perang Yaman," tambahnya.

TAGS : Arab Saudi Mohammad Javad Zarif Teluk Persia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :